Sukses

Mengenal Makanan Whole Grain dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Produk makanan whole grain menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat umum. Apa itu whole grain dan apa manfaatnya bagi tubuh?

Produk makanan berbasis biji-bijian utuh, atau yang populer dengan nama whole grain, menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat umum. Dengan banderol harga yang cenderung tinggi, whole grain diklaim dapat memberikan efek kesehatan yang lebih ketimbang produk makanan lain.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan mengonsumsi produk ini, ada baiknya cermati terlebih dahulu seperti apakah makanan whole grain itu.

Secara sederhana, whole grain dapat dijelaskan sebagai sebuah produk makanan berbasis biji-bijian yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan atau penggilingan. Lalu, apa saja jenis makanan yang termasuk ke dalam whole grain?

1 dari 3 halaman

Ini Contoh Makanan yang Mengandung Whole Grain

Label whole grain pada makanan dapat diartikan sebagai sebuah produk yang mengandung keseluruhan bagian dari grain atau biji-bijian, tanpa melalui proses pengolahan ataupun penggilingan.

Bila telah diolah, bahan makanan tersebut tetap harus mengandung kandungan lengkap yang setara dengan biji utuh aslinya.

Sering kali ditemukan adanya produk makanan yang dijual di pasaran dengan label bernama whole wheat. Bagi konsumen awam, tentu akan sulit untuk membedakan produk makanan whole grain dengan whole wheat.

Artikel Lainnya: Membedakan Jenis dan Manfaat Gandum

Whole wheat sendiri adalah bagian dari whole grain. Apabila whole grain mencangkup semua jenis produk makanan yang mengandung biji-bijian tanpa olahan, maka whole wheat adalah produk makanan berbasis biji-bijian gandum tanpa proses pengolahan atau penggilingan.

Kesimpulannya, whole wheat termasuk dalam whole grain, tapi whole grain belum tentu termasuk ke dalam whole wheat.

Sesuai dengan pengertian di atas, whole grain dapat ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari biji-bijian. Contoh makanan whole grain, di antaranya:

  • Gandum
  • Oat
  • Quinoa
  • Beras
  • Sorghum
  • Barley
  • Jagung
  • Millet
  • Buckwheat (soba)
2 dari 3 halaman

Lalu, Adakah Manfaat Whole Grain bagi Tubuh?

Menurut para ahli, manfaat makan biji-bijian utuh dikaitkan dengan menurunnya risiko diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, serta berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa penjelasan terkait manfaat whole grain:

1. Tinggi Nutrisi dan Serat

Whole grain mengandung banyak serat dan nutrisi penting, seperti Vitamin B. Hal ini karena biji-bijian utuh mengandung tinggi vitamin B, termasuk niasin, tiamin, dan folat.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Sumber Karbohidrat yang Sehat

Selain itu, biji-bijian utuh mengandung banyak mineral, seperti seng, besi, magnesium, dan mangan. Jenis makanan ini juga kaya akan protein dan antioksidan. Karenanya, makanan whole grain mampu menyokong imunitas tubuh Anda.

2. Menurunkan Risiko Obesitas

Makanan kaya serat dapat membantu kenyang lebih lama sehingga mencegah Anda makan berlebihan. Inilah salah satu alasan diet tinggi serat direkomendasikan untuk menurunkan berat badan dan mencegah risiko kegemukan, atau obesitas.

Faktanya, makan tinggi porsi biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan lebih rendahnya indeks massa tubuh (BMI) dan lebih sedikitnya lemak pada perut. Penjelasan tersebut dibahas oleh 15 penelitian yang dilakukan terhadap 120.000 orang.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat kesehatan terbesar dari whole grain adalah menurunkan risiko penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Sebuah tinjauan terhadap 10 penelitian menemukan bahwa konsumsi sebanyak tiga porsi biji-bijian, atau setara dengan 1 ons (28 gram) setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22 persen.

Artikel Lainnya: Fakta Seputar Gandum Utuh yang Perlu Diketahui

Para peneliti kemudian menyimpulkan bahwa diet jantung sehat harus mencakup lebih banyak biji-bijian alami dan lebih sedikit biji-bijian olahan.

4. Menciptakan Pencernaan yang Sehat

Pencernaan sehat bisa diperoleh dengan konsumsi serat. Nah, serat dalam makanan whole grain dapat mendukung pencernaan yang sehat dengan berbagai cara.

Pertama, serat membantu mengeluarkan kotoran dan menurunkan risiko sembelit. Kedua, beberapa jenis serat dalam biji-bijian berperan sebagai probiotik. Ini akan membantu memberi makan bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan pencernaan terjaga.

5. Mengurangi Peradangan atau Inflamasi Kronis

Proses peradangan adalah akar dari banyak penyakit kronis. Beberapa bukti menunjukkan bahwa makanan whole grain dapat membantu mengurangi risiko terjadinya peradangan tersebut.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa individu yang mengganti pola makan tidak sehat dengan produk gandum utuh, mengalami penurunan pada pemeriksaan penanda inflamasi.

Melalui sederetan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa produk makanan whole grain dapat dijadikan sebagai salah satu sumber makanan sehat alternatif.

Selain nutrisi yang terkandung di dalamnya, produk makanan yang mengandung biji-bijian utuh juga kaya akan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan dan pembuluh darah, termasuk jantung Anda.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar