Sukses

Apa Itu Whole Grain?

Dewasa ini, produk makanan berbasis biji-bijian utuh, atau populer dengan nama whole grain, menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat umum. Apa itu whole grain dan apa manfaatnya bagi tubuh?

Dewasa ini, produk makanan berbasis biji-bijian utuh, atau yang populer dengan nama whole grain, menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat umum. Dengan banderol harga yang cenderung tinggi, produk semacam ini diklaim dapat memberikan efek kesehatan yang lebih dibandingkan dengan produk makanan lain. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk ini, ada baiknya cermati terlebih dahulu seperti apakah whole grain itu.

Apa Itu Whole Grain

Secara sederhana, whole grain dapat dijelaskan sebagai sebuah produk makanan berbasis biji–bijian yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan atau penggilingan. Melalui deskripsi tersebut, label whole grain yang tercantum pada suatu kemasan produk dapat diartikan sebagai sebuah produk yang mengandung keseluruhan bagian dari grain atau biji–bijian, tanpa diolah atau digiling, dari jenis tertentu. Bila makanan tersebut telah diolah dengan dipecah-pecah, dihancurkan, atau dimasak, bahan makanan tersebut tetap harus mengandung kandungan lengkap yangsetara dengan biji utuh aslinya.

Umumnya bahan makanan tersebut akan berlabel whole grain bila memang kandungannya setara dengan biji utuh. Bila tidak ada label, maka bisa jadi bahan makanan tersebut telah melalui proses pengolahan yang menghilangkan sebagian kandungan biji utuhnya, baik dari nutrisi maupun kandungan seratnya.

Sesuai dengan pengertian di atas,nwhole grain dapat ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari biji–bijian. Contoh bahan makanan yang berasal dari biji- bijian adalah sebagai berikut:

  • Gandum
  • Oat
  • Quinoa
  • Beras
  • Sorghum
  • Barley
  • Jagung

Apakah Whole Grain Sama dengan Whole Wheat?

Sering kali kita menemukan adanya produk makanan yang dijual di pasaran dengan label bernama whole wheat. Bagi konsumen awam, tentu akan sulit untuk membedakan produk makanan whole grain dengan whole wheat.

Whole wheat sendiri dapat dipahami sebagai bagian dari whole grain. Apabila whole grain dikategorikan sebagai semua jenis produk makanan biji–bijian tanpa olahan, maka whole wheat adalah produk makanan berjenis biji–bijian gandum yang tidak mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Dengan menggunakan analogi sayuran, kita dapat mengibaratkan whole grain sebagai semua jenis sayuran dan whole wheat sebagai salah satu jenis sayur. Kesimpulannya, whole wheat termasuk dalam whole grain, tapi whole grain belum tentu termasuk ke dalam whole wheat.

Melalui sederetan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa whole grain dapat dijadikan sebagai salah satu sumber makanan sehat alternatif. Selain nutrisi yang terkandung di dalamnya, produk makanan yang mengandung whole grain juga kaya akan serat yang baik bagi kesehatan pencernaan dan pembuluh darah, termasuk jantung Anda.

(BO/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar