Sukses

Apakah Kanker Akibat Keturunan Bisa Dicegah?

Banyak faktor yang menjadi pemicu penyakit kanker. Namun, apakah kanker bisa menurun dari orang tua?

Di Indonesia, kanker merupakan penyakit ke-5 tertinggi yang menyebabkan kematian. Kanker dapat tumbuh di semua organ tubuh, seperti kulit, paru, hati, tulang, payudara dan sebagainya. Angka kanker tertinggi di Indonesia adalah paru untuk laki-laki dan payudara untuk perempuan.

Salah satu penyebab kanker adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi makanan yang ada pengawet, dan mengonsumsi alkohol. Kanker juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yaitu paparan sinar matahari yang berlebihan, sinar radiasi, dan bahan-bahan kimia.

Faktor risiko tersebut masih dapat Anda kendalikan. Namun, salah satu faktor risiko kanker yang sulit dikendalikan adalah genetik. Jika orang tua Anda menderita kanker, sebenarnya belum tentu Anda akan menderita kanker. Hanya saja faktor risiko Anda menjadi lebih tinggi.

1 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Kanker yang Disebabkan oleh Keturunan

Berikut adalah jenis-jenis kanker yang bisa disebabkan oleh genetik atau keturunan:

Jenis variasi mutasi genetik juga memengaruhi faktor risiko mengidap kanker. Seperti contohnya pada kanker payudara yang berhubungan dengan gen BRCA 1 dan BRCA 2.

Artikel Lainnya: Tes Genetik, Langkah Jitu Antisipasi Kanker Sejak Dini

Wanita yang memiliki salah satu atau kedua faktor genetik ini memiliki risiko hingga 80 persen untuk mengidap kanker payudara. Pria yang memiliki gen BRCA 2 juga berisiko 7 kali lebih besar untuk mengidap kanker prostat.

Risiko kanker keturunan juga ditentukan oleh jarak hubungan dengan penderita kanker tersebut. Semakin dekat hubungan kekerabatan Anda dengan penderita, maka semakin tinggi risiko Anda. First-degree relatives (seperti ayah, ibu, anak, dan saudara kandung) memiliki risiko yang paling tinggi.

2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Kanker Akibat Keturunan

Jika Anda memiliki faktor genetik untuk penyakit kanker tertentu, jangan terlalu khawatir. Anda masih bisa melakukan berbagai cara untuk menurunkan risiko terkena kanker, seperti:

1. Hindari Makanan yang Dibakar atau Diasap

Makanan yang dibakar atau diasap memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki kandungan oksidan yang bersifat merusak sel-sel tubuh kita. Dengan menghindari makanan ini, maka dapat membantu memperkecil risiko kanker.

2. Tidak Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Hindarilah konsumsi minum-minuman beralkohol untuk mencegah kanker. Ada banyak penelitian yang telah menghubungkan konsumsi alkohol berlebihan dengan kanker.

Artikel Lainnya: Leukemia pada Anak, Benarkah Selalu Faktor Genetik?

3. Periksa Risiko Keturunan

Kenalilah penyakit yang ada di keluarga kita sendiri, dengan begitu kita bisa menilai dan mempelajari risiko penyakit tersebut.

4. Jauhi Rokok

Tidak hanya berisiko terkena kanker, ada banyak penyakit  lainnya yang akan Anda alami jika merokok, seperti impotensi, penyakit jantung, bronkitis, dan gangguan janin. Jika Anda mau mencegah kanker, menghindari kebiasaan merokok merupakan langkah yang tepat

5. Konsumsi Makanan Tinggi Serat dan Antioksidan

Makanan kaya akan serat dan antioksidan sangat baik dalam mencegah kanker. Jadi, perbanyaklah konsumsi sayur dan buah-buahan segar.

6. Jaga Berat Badan Tetap Sehat dan Ideal

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan sebagainya. 

Untuk menjaga berat badan, Anda dapat berolahraga sebanyak tiga kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap sesinya.

 

Apabila Anda memiliki faktor kanker keturunan, jangan takut. Kendalikanlah faktor lain yaitu gaya hidup dan lingkungan. Caranya adalah dengan menjaga pola makan, tidak merokok dan minum alkohol, berolahraga, serta menghindari radiasi dan bahan kimia.

Untuk membaca informasi dan artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar