Sukses

Manfaat Vitamin A pada Anak yang Menderita Campak

Campak merupakan salah satu penyakit yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Kecukupan vitamin A membawa kebaikan bagi penderita campak. Mengapa demikian?

Campak merupakan salah satu penyakit yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Di dunia medis, campak dikenal sebagai rubeola. Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus campak paramyxoviridae. Gejala penyakit campak akan muncul dua minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh.

Gejala campak adalah sebagai berikut:

  • Demam.
  • Muncul ruam merah pada tubuh. Dimulai dari belakang telinga, sekitar kepala, leher lalu menyebar ke seluruh tubuh.
  • Mata merah.
  • Terdapat gejala infeksi pernapasan –seperti pilek dan radang tenggorokan.

Penyakit campak berkaitan dengan status gizi seseorang. Penderita campak yang sebelumnya sudah menderita penyakit kekurangan gizi (malnutrisi) akan mengalami gejala yang semakin berat. Salah satu asupan nutrisi yang berkaitan dengan tingkat keparahan penyakit campak adalah defisiensi (kekurangan) vitamin A. Saat terjadi defisiensi vitamin A, risiko terjadi kebutaan atau bahkan kematian akan meningkat.

Vitamin A adalah zat gizi esensial yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang rendah, jika diinvasi oleh virus campak, dapat memperparah infeksi dan meningkatkan risiko terjadinya komplikasi campak. Oleh karena itu, penderita penyakit campak sangat membutuhkan asupan vitamin A yang mencukupi.

Terdapat penelitian di Afrika selatan yang melakukan uji klinis secara acak dengan memberikan vitamin A pada 189 anak yang menderita campak dengan komplikasi pneumonia, diare dan infeksi saluran napas bagian atas. Seluruh anak tersebut dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang mendapatkan vitamin A dengan dosis total 400 IU dan kelompok yang menerima placebo. Kedua kelompok ini diberikan tata laksana selama lima hari setelah muncul ruam merah. Dari 12 orang yang meninggal akibat komplikasi tersebut, 10 di antaranya merupakan kelompok anak yang diberikan placebo.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian vitamin A pada penderita campak dapat mengurangi risiko munculnya komplikasi dan kematian, serta perbaikan perawatan yang lebih cepat. Jika Anda memiliki anak berusia di bawah 1 tahun dan menderita campak, maka berikanlah dosis vitamin sampai dengan 100.000 IU.  

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar