Sukses

Ingin Hindari Nasi? Ini Gantinya

Ternyata banyak sekali makanan pengganti nasi yang bisa Anda konsumsi. Jadi, Anda tak perlu khawatir kekurangan karbohidrat atau merasa lemas.

Karbohidrat, terutama nasi, dianggap sebagai musuh nomor satu bagi Anda yang sedang berdiet. Namun, sebetulnya tubuh membutuhkan karbohidrat untuk pembentukan energi. Jika Anda menghindari karbohidrat saat sedang berdiet, maka tubuh akan lemas karena kurang energi.

Berikut ini beberapa jenis karbohidrat yang dapat Anda konsumsi jika ingin menghindari nasi:

Pasta gandum

Satu studi yang dilakukan di Inggris menyatakan bahwa mengganti sumber karbohidrat dengan gandum dapat menurunkan indeks massa tubuh serta lemak di daerah perut. Namun, Anda perlu tetap membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Batasi porsi pasta Anda sebanyak 100-200 kalori (setara dengan ½-1 cangkir). Satu porsi (55 gram) pasta gandum (yang masih kering) mengandung 198 kalori, 43 gram karbohidrat, dan 5 gram serat.

Roti gandum

Roti gandum juga bisa menjadi alternatif pengganti karbohidrat. Dua lembar roti gandum (bervariasi bergantung merek) mengandung 160 kalori, 30 gram karbohidrat, dan 8 gram serat. Pilihlah roti yang berlabel whole wheat atau whole grain.

Oatmeal

Oatmeal mengandung serat mudah larut yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat Anda menjadi lebih kenyang. Selain itu, berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity, menambahkan serat mudah larut ke dalam menu diet dapat mengurangi lemak visceral—lemak yang menyelubungi organ-organ vital dan berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Setengah cangkir oatmeal mengandung 153 kalori, 27 gram karbohidrat, dan 4 gram serat.

Quinoa

Quinoa yang tengah menjadi primadona di kalangan penggiat makanan sehat, mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk massa otot. Dengan mengonsumsi quinoa, Anda juga akan kenyang lebih lama sehingga dapat membantu mengurangi porsi makan. Setengah cangkir quinoa yang sudah dimasak terdiri atas 111 kalori, 20 gram karbohidrat, dan 2.5 gram serat.

Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks yang tinggi akan serat, beta-karoten, serta vitamin. Jika Anda menderita diabetes, ubi dapat menjadi salah satu alternatif dalam memilih karbohidrat. Satu buah ubi berukuran sedang (yang sudah dimasak) terdiri atas 100 kalori dan 27 gram karbohidrat.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang tinggi akan karbohidrat dan bisa diserap secara cepat. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang dapat menjaga fungsi saraf dan otot. Anda dapat memilih pisang untuk dikonsumsi sebelum berolahraga sebagai cadangan energi. Satu buah pisang berukuran besar mengandung 31 gram karbohidrat.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar