Sukses

Baca Ini Sebelum Memanggang Daging Saat Iduladha

Sapi dan kambing merupakan dua hewan yang sering dikurbankan untuk disembelih saat Hari Raya Iduladha.

Sapi dan kambing merupakan dua hewan yang sering dikurbankan untuk disembelih saat Hari Raya Iduladha. Tak heran jika Hari Raya Iduladha erat kaitannya dengan daging sapi atau daging kambing.

Daging kambing atau daging sapi yang Anda peroleh saat Iduladha biasanya diolah menjadi gulai atau semur. Kalau bosan dengan olahan tersebut, Anda bisa mengolahnya dengan cara dijadikan sate dan dipanggang. Tapi tahukah Anda bahwa daging kambing atau sapi yang dipanggang bisa jauh lebih sehat ketimbang daging yang disemur atau digulai?

Daging sapi atau kambing yang dijadikan sate dan dipanggang bisa lebih sehat, asalkan:

  • Saat memanggang, sebaiknya gunakan kompor atau oven daripada arang panas. Daging yang dipanggang di atas arang dengan temperatur tinggi dapat menjadi karsinogenik (berpotensi menyebabkan kanker).
  • Singkirkan lemak yang terlihat pada daging sebelum Anda memanggangnya.
  • Panggang daging dengan potongan kecil agar lebih cepat matang dan mengurangi waktu proses pemasakan.
  • Pisahkan alat masak –seperti pisau dan talenan– yang digunakan untuk daging dengan yang digunakan untuk makanan lainnya.
  • Simpan daging –terutama daging cincang– di freezer pada suhu <-40C.
  • Simpan daging yang belum digunakan di tempat tertutup.
  • Pisahkan makanan mentah –seperti daging sapi/kambing, ikan, dan ayam–dengan makanan siap saji pada saat penyimpanan.

Selain hal di atas, pastikan juga Anda menyeimbangkan menu daging kambing atau sapi yang Anda konsumsi saat Iduladha dengan menu sayuran dan buah. Meski sedang merayakan libur Iduladha, bukan berarti Anda bebas makan berlebihan, ya! Ingatlah untuk tetap membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi agar tidak mengganggu kesehatan Anda. Selamat merayakan Iduladha.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar