Sukses

Tip Makan Kambing Saat Iduladha

Iduladha tanpa gulai kambing, tentu tak lengkap rasanya! Tapi, bagaimana jika Anda memiliki kolesterol dan hipertensi?

Iduladha merupakan salah satu hari penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari raya ini, akan dilakukan tradisi pemotongan hewan seperti kambing dan sapi sebagai kurban.

Selain ritual salat dan penyembelihan hewan, Iduladha juga menjadi momen berkumpulnya keluarga besar. Acara yang dilakukan apalagi kalau bukan makan-makan. Berbagai hidangan pun tersaji di meja, mulai dari ketupat, gulai, opor, hingga kue-kue manis. Yang tak ketinggalan, tentu saja daging kambing!

Daging kambing sering kali dihindari terutama bagi pengidap kolesterol tinggi dan hipertensi. Tapi jangan khawatir! Anda tetap bisa makan daging kambing seperti yang lainnya, jika mengikuti kiat-kiat berikut ini:

  • Pilihlah daging iga atau has dalam (tanpa lemak) yang hanya memiliki kandungan lemak sebanyak 6%.
  • Singkirkan lemak yang terlihat sebelum mengolah daging.
  • Hindari makan kambing di malam hari saat Anda sudah tidak banyak beraktivitas.
  • Anda bisa memilih daging sapi atau ayam sebagai alternatif, karena keduanya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah.
  • Hindari konsumsi jeroan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi.
  • Setiap kali makan, seimbangkan menu daging dengan sayur dan buah yang kaya serat.
  • Libur Iduladha bukan berarti Anda juga libur berolahraga. Tetaplah aktif berolahraga selama minimal tiga puluh menit per hari. Olahraga tidak perlu berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

Kunci dalam makan daging kambing ataupun makanan lainnya saat hari raya adalah porsi. Batasi dan kontrol diri Anda agar tidak makan secara berlebihan. Pastikan juga untuk memeriksa kolesterol dan tekanan darah secara rutin, supaya libur Anda tetap sehat dan nyaman. Selamat hari raya Iduladha!

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar