Sukses

Kebanyakan Main Gadget Bisa Sebabkan Penyakit Ini

Gadget telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan urban. Namun, terlalu banyak main gadget juga tidak baik karena dapat menyebabkan penyakit.

Gadget telah merasuki kehidupan masyarakat modern tanpa mengenal usia. Mulai dari anak hingga dewasa, semua asyik bermain gadget. Tak dapat dimungkiri, gadget telah membantu pekerjaan, mempermudah kehidupan, dan bermanfaat sebagai sarana hiburan pengusir bosan.

Tidak lengkap rasanya jika bepergian ke luar rumah tanpa menenteng gadget. Bahkan, sebagian besar orang lebih memilih lupa membawa dompet ketimbang lupa membawa telepon seluler.

Namun ternyata, ‘sahabat sejati’ Anda itu berpotensi menimbulkan serangkaian penyakit pada tubuh. Hal tersebut dapat terjadi apabila Anda terlalu banyak main gadget, baik untuk chatting maupun bermain games.

Penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan oleh terlalu banyak bermain gadget? Mari simak selengkapnya berikut ini!

Computer Vision Syndrome

Ketika Anda terlalu asyik chatting atau bermain games di layar gadget, umumnya mata akan menatap ke layar tersebut tanpa berkedip setelah sekian lama. Mata yang diforsir untuk bekerja keras dapat mengalami kelelahan dan berpotensi mengalami computer vision syndrome. Penyakit yang popular denagn sebutan ‘mata lelah’ ini menimbulkan gejala mata pegal, merah, pandangan kabur, serta pandangan ganda. Anda juga dapat mengalami gejala mual muntah serta sakit kepala dan tengkuk.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda menggunakan gadget di tempat yang memiliki penerangan yang cukup, menggunakan ukuran kacamata atau lensa kontak yang sesuai (jika Anda berkacamata), duduk dengan postur yang baik, serta menjaga jarak pandang ke gadget kurang lebih tiga puluh cm. Istirahatkan mata selama dua puluh detik setiap kali telah melihat layar gadget selama dua puluh menit.

Jempol BlackBerry / Tendinitis de Quervain

Terlalu banyak menggunakan jempol Anda, terutama untuk chatting, berpotensi menyebabkan peradangan pada urat atau tendon ibu jari. Peradangan pada tendon ibu jari disebut juga ‘jempol BlackBerry’ atau tendinitis de Quervain.

Gejala yang Anda rasakan apabila terkena penyakit ini antara lain adalah nyeri dan bengkak pada ibu jari, nyeri dan kesulitan jika menggerakkan ibu jari, memegang benda, atau mengepalkan tangan. Apabila kelainan ini tidak diterapi segera, gejala tersebut dapat menyebar hingga ke tangan dan pergelangan tangan.

Segera hentikan –minimal kurangi– aktivitas si ibu jari di atas tuts atau layar gadget jika Anda mulai merasakan gejalanya. Mengistirahatkan tangan dan mengompres tangan dengan es batu dapat meredakan gejala penyakit ‘jempol Blackberry’ apabila masih dalam tahap ringan. Jika sudah dalam tahap sedang-berat, Anda membutuhkan pengobatan dari dokter. Penyakit yang sudah berat terkadang memerlukan bantuan operasi untuk mengatasinya.

Untuk menghindari penyakit akibat bermain gadget seperti di atas, menahan diri dan membatasi waktu Anda bermain gadget merupakan pencegahan yang terbaik.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar