Sukses

Perhatian! Kosmetik Juga Memiliki Masa Kedaluwarsa

Setiap kosmetik memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda. Apa yang terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang sudah kedaluwarsa?

Bagi sebagian wanita, kosmetik merupakan kebutuhan pokok yang wajib digunakan. setiap hari, terutama saat seorang wanita akan bepergian. Kosmetik memang dapat menunjang penampilan serta membuat kepercayaan diri meningkat. Hal inilah yang membuat seorang wanita rela mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Banyaknya jenis kosmetik yang digunakan kadang membuat wanita lupa, apakah produk tersebut telah habis masa kedaluwarsanya atau belum. Wanita biasanya hanya melihat kondisi fisik atau kemasan kosmetik saja

Dampak yang paling sering ditimbulkan pada kosmetik yang telah kedaluwarsa adalah berkembangnya bakteri berbahaya pada produk tersebut. Bakteri yang berkembang bisa menimbulkan berbagai gangguan. Konjungtivitis atau infeksi pada mata dan kulit berjerawat adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa Anda dapatkan karena penggunaan kosmetik kedaluwarsa.

Pada awal pemakaian mungkin keluhan tidak terlihat jelas. Tapi jika Anda gunakan terus-menerus maka hal ini dapat berakibat fatal bagi penampilan. Kulit bisa berubah memerah –bahkan hingga melepuh! Tidak menyenangkan, bukan?

  1. Eyeliner dapat bertahan selama 6 bulan sampai 1 tahun

Eyeliner gel hanya dapat bertahan selama enam sampai delapan bulan. Alasannya, karena setiap kali Anda mengaplikasikannya ke kulit, kotoran akan ikut menempel pada eyeliner yang digunakan. Sedangkan eyeliner pensil dapat digunakan lebih lama. Karena saat Anda merautnya, bakteri pun akan ikut hilang bersama rautan itu.

  1. Maskara dapat bertahan hingga 3-6 bulan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu sering memompa maskara sebelum mengaplikasikannya ke bulu mata. Selain membuat maskara cepat menggumpal, hal itu akan membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam mascara.

  1. Blush on, eye shadow, dan  kosmetik yang berbahan bubuk lainnya dapat bertahan selama 1-2 tahun

Kosmetik berbahan bubuk lebih tahan lama dibandingkan dengan kosmetik yang basah. Periksa secara berkala. Segera buang jika warna sudah berubah.

  1. Foundation dapat bertahan hingga 6 bulan sampai 2 tahun

Foundation padat dapat bertahan hanya selama 6 bulan, karena saat tutup kemasan dibuka maka akan mendapat ekspos udara bebas. Berbeda dengan foundation berbentuk agak cair yang diletakkan dalam wadah berpompa. Kemasan seperti ini membuat foundation bisa bertahan hingga 2 tahun, karena tidak terekspos dengan udara bebas.

  1. Lipstik dapat bertahan hingga 2 tahun

Perubahan warna, tekstur atau bau adalah peringatan bahwa lipstik Anda sudah tidak layak pakai. Jadi, segeralah buang jika menemui tanda-tanda tersebut!

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar