Sukses

Makanan dan Minuman Kedaluwarsa yang Masih Layak Dikonsumsi

Apakah makanan dan minuman yang Anda miliki sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa? Jangan segera dibuang! Bisa jadi makanan/minuman tersebut masih layak dikonsumsi.

Baru-baru ini, media massa Indonesia menemukan praktik penggunaan makanan kedaluwarsa oleh beberapa restoran. Bukan tidak mungkin hal ini membuat Anda buru-buru memeriksa label tanggal pada makanan/minuman yang ada di dapur.

Apakah Anda menemukan adanya makanan/minuman yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsanya? Jika ya, jangan segera dibuang! Pakar Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bahwa label tanggal kedaluwarsa (expiry date) pada makanan/minuman adalah batasan kualitas terbaik dari segi warna dan tekstur. Artinya, walaupun tanggal kedaluwarsa sudah lewat bukan berarti makanan/minuman tersebut akan menyebabkan keracunan pada tubuh jika dikonsumsi.

Meski demikian, tak semua makanan/minuman bisa menggunakan aturan di atas. Beberapa makanan dan minuman kedaluwarsa yang masih layak untuk dikonsumsi, antara lain:

  • Susu cair/yoghurt

Susu yang disimpan pada temperatur cukup rendah akan terjaga 50% lebih lama.  Namun setelah dibuka dan disimpan di dalam kulkas, susu cair hanya dapat bertahan hingga 5 hari. Lain halnya dengan susu, yoghurt bisa bertahan lebih dari 6 minggu, asalkan dibungkus rapat dan disimpan di dalam kulkas.

  • Roti, beras dan pasta kering

Roti yang sudah kedaluwarsa masih aman untuk dikonsumsi asalkan disimpan di dalam freezer. Sedangkan beras dan pasta kering masih dapat bertahan hingga 1 tahun asalkan saat disimpan tidak terkena air.

  • Makanan ringan kering

Makanan ringan kering –seperti biskuit, sereal, dan keripik– dapat bertahan 1-2 bulan lebih lama dari tanggal kedaluwarsanya. Syaratnya adalah makanan tersebut masih tersimpan rapat di dalam kemasannya.

  • Makanan manis

Permen, cokelat, dan madu adalah makanan manis yang aman untuk dikonsumsi walaupun sudah kedaluwarsa. Permen bisa bertahan 1-2 tahun, dan cokelat bisa bertahan hingga 4-6 bulan asalkan disimpan pada suhu 21? C. Madu yang sudah mengkristal pun masih aman untuk dikonsumsi dan tidak ada batasan waktu.

  • Sayuran beku

Sayuran beku yang sudah dibuka dan disimpan di freezer dapat bertahan hingga 1 bulan. Apabila masih terbungkus rapat dalam kemasannya, sayur dapat bertahan hingga 2 tahun.

Perlu diketahui, makanan/minuman di atas masih layak dikonsumsi meskipun sudah kedaluwarsa asalkan disimpan di kalangan rumah tangga (kulkas, freezer, dsb). Namun jika terjadi perubahan bau, warna, tekstur dan rasa yang terlalu signifikan, urungkan niat Anda untuk mengonsumsi makanan/minuman kedaluwarsa tersebut.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar