Sukses

10 Penyebab Kematian Tersering di Dunia

Kematian dapat menghampiri siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), inilah 10 penyebab kematian tersering di dunia.

Kematian dapat menghampiri siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Walaupun merupakan takdir yang tidak terelakkan, manusia sebenarnya dapat mengusahakan untuk mengurangi risiko terjadinya hal ini pada diri sendiri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengetahui penyebab kematian tersering di seluruh dunia, agar Anda dapat sebisa mungkin menghindari hal tersebut.

Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), inilah 10 penyebab kematian tersering di dunia.

Penyebab kematian tersering #1: Penyakit Jantung Iskemik

Penyakit jantung iskemik merupakan ‘penghuni’ tetap yang menempati 3 peringkat teratas penyebab kematian tersering di seluruh dunia. Penyakit ini tergolong menjadi sesuatu yang menakutkan, karena ancamannya yang semakin mengintai golongan usia muda. Untuk itu, pastikan diri Anda untuk menerapkan gaya hidup, pola makan yang sehat serta rutin berolahraga agar tidak menjadi korban berikutnya.

Penyebab kematian tersering #2: Stroke

Stroke juga turut menjadi penyumbang kematian terbesar di dunia. Faktor pencetus stroke tergolong serupa dengan penyakit jantung iskemik. Artinya, saat bisa hidup dengan lebih sehat, berartu Anda dapat meminimalisir risiko terserang stroke dan penyakit jantung iskemik.

Penyebab kematian tersering # 3: Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Penyakit paru obstruktif kronik disebabkan akibat kebiasaan merokok. Jadi, bila Anda masih ingin tetap sehat hingga berpuluh-puluh tahun ke depan, hentikan kebiasaan merokok sekarang juga!

Penyebab kematian tersering #4 : Infeksi Saluran Napas Bawah

Keluhan batuk dan sesak napas yang berkepanjangan jangan disepelekan. Pasalnya, jika penyakit ini dibiarkan maka keluhan dapat berujung pada hilangnya nyawa Anda.

Penyebab kematian tersering #5: Kanker Saluran Napas

Walaupun kerap dialami oleh lansia, bukan berarti dewasa muda terlepas dari intaian penyakit kanker saluran napas. Merokok adalah salah satu faktor pemicu terbesarnya.

Penyebab kematian tersering #6: HIV/AIDS

HIV/AIDS ditularkan melalui darah, cairan seksual dan cairan tubuh dari penderitanya. Karena itu, biasakan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar Anda tidak menjadi korban berikutnya. Ketahui cara penularannya, hindari penyakitnya –bukan penderitanya!

Penyebab kematian tersering #7: Diare

Walaupun terlihat sederhana, diare termasuk salah satu penyebab kematian tersering di dunia. Satu langkah mudah untuk mencegah diare adalah dengan menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar.

Penyebab kematian tersering #8: Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus merupakan titik awal yang dapat mengundang kehadiran berbagai penyakit lain sebagai komplikasinya. Ubah pola hidup Anda untuk mencegahnya dan lakukan pengobatan rutin dalam penanganannya. Diabetes mellitus dapat bersahabat dengan penderitanya, asalkan penderitanya berkeinginan untuk menjaga kesehatan dirinya.

Penyebab kematian tersering #9: Kecelakaan di Jalan

Slogan “Utamakan Keselamatan” yang banyak terpampang di jalan raya akan selalu mengingatkan Anda untuk menjaga diri dari kecelakaan yang dapat merenggut nyawa. Patuhi segala aturan yang ada dan gunakan perlengkapan pengaman diri ketika berkendara. Dengan demikian Anda bisa menjauhkan diri dari ancaman penyebab kematian tersering yang satu ini.

Penyebab kematian tersering #10: Tekanan darah Tinggi (Hipertensi)

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat merusak banyak organ, termasuk jantung. Sayangi jantung Anda dengan melakukan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan sehat dan jangan lupa berolahraga secara rutin dan teratur.

Meskipun terlihat sangat menakutkan, Anda sebenarnya dapat mencegah kesepuluh penyebab kematian tersering di atas. Caranya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Sayangi diri sendiri mulai saat ini untuk hidup yang lebih baik!

(NB/RH)

Baca juga:

1 Komentar