Sukses

Olahraga untuk Membentuk Massa Otot

Bermimpi punya tubuh kencang dan berotot bak atlet profesional? Coba lakukan olahraga ini untuk mewujudkannya!

Berat badan memang sering kali menjadi masalah bagi banyak orang. Ada yang ingin gemuk, ada yang ingin kurus. Namun bagi Anda yang bertubuh ‘ramping’ sejak kecil, meningkatkan berat badan kadang membutuhkan perjuangan yang tak mudah.

Kunci utama untuk meningkatkan berat badan adalah dengan meningkatkan jumlah kalori yang masuk melalui konsumsi makanan. Tentu saja, makanan yang dipilih harus sehat dan bergizi seimbang. Karena percuma saja jika berat badan naik karena peningkatan massa lemak, bukannya massa otot.

Terkadang, terdapat pula salah paham bahwa jika Anda ingin meningkatkan berat badan berarti perlu menghindari olahraga agar lemak tidak terbakar. Justru, peningkatan berat badan yang ideal adalah jika berat badan Anda tak hanya terdiri atas lemak tetapi juga massa otot.

Berikut ini olahraga yang sebaiknya Anda lakukan jika ingin meningkatkan massa otot:

Squats merupakan latihan paling sederhana yang bisa Anda lakukan kapanpun dan di manapun untuk pengencangan serta pembentukan otot-otot tubuh bagian bawah (otot bokong, pinggul, paha, dan betis).

Caranya mudah! Pertama-tama, berdirilah pada kedua kaki sejajar dengan pundak. Anda bisa mengangkat kedua lengan di depan atau diletakkan di balik kepala. Lalu, berjongkoklah dan tumpu bobot tubuh Anda pada kedua tumit. Pastikan bokong tidak maju ke depan dan jaga postur tubuh belakang tetap lurus. Lutut juga tidak boleh terlalu maju ke depan. Jika dilakukan dengan tepat, Anda akan merasakan kekencangan pada otot bokong, paha, serta betis.

Push-up merupakan salah satu latihan terbaik untuk mengencangkan otot lengan atas. Bagi Anda yang sering kali bermasalah dengan lengan bergelambir bisa mulai rutin melakukan push-up. Selain itu, push-up juga dapat membantu menguatkan otot daerah dada, pundak, dan core.

Pertama-tama, letakkan kedua telapak tangan di lantai (lihat gambar) dengan posisi agak lebih lebar dari pundak. Perlahan turunkan dada Anda hingga hampir menyentuh lantai, kencangkan bokong dan perut. Jaga kedua siku tetap merapat dengan tubuh.

Untuk melakukan latihan ini, pertama-tama berdirilah pada kedua kaki yang sejajar dengan bahu. Langkahkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang. Tekuk kedua lutut hingga 90 derajat, kemudian angkat kembali tubuh Anda. Ulangi sekitar 20 repetisi dan lakukan pada sisi sebelahnya.

Apabila dilakukan rutin, latihan ini baik bagi Anda yang ingin membentuk massa otot pada tubuh bagian bawah. Jika ingin menambah tantangan, Anda bisa melakukan latihan ini dengan menggunakan halter (dumbbell).

Latihan ini disebut dengan pull-up dan lebih ditujukan untuk pria. Jika dilakukan secara rutin, maka lengan, bahu serta dada Anda akan bertransformasi menjadi lebih berotot bak atlet profesional.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan pull-up bar atau menggunakan pegangan yang bisa menopang tubuh. Letakkan kedua tangan Anda seperti hendak menggenggam, lalu angkat tubuh hingga dagu melewati pull-up bar. Lakukan selama 10-15 repetisi.

Anda mendambakan perut berotot bak model atau atlet profesional? Mulailah melakukan latihan ini. Latihan ini aman dilakukan baik oleh pria maupun wanita, dan dapat meningkatkan kekuatan otot perut.

Pertama-tama, berbaringlah di lantai atau karpet menghadap ke atas. Tekuk kedua lutut, sementara kedua telapak kaki bertumpu pada lantai. Silangkan kedua tangan pada dada dan angkat tubuh bagian atas. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan merasakan kontraksi pada otot perut.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar