Sukses

Warna Biru dan Merah pada Kapsul Vitamin A, Apa Artinya?

Sudahkah Anda mencukupi kebutuhan vitamin A anak Anda? Jika belum, yuk ketahui lebih jauh soal manfaat dan serba-serbi vitamin A di sini.

Sebagian penduduk di dunia mengalami masalah kekurangan vitamin A, tak terkecuali Indonesia. Padahal vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Vitamin A tidak hanya berguna untuk pembentukan dan produksi sel darah merah, tetapi juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lebih lanjut lagi, vitamin A memiliki sifat antioksidan yang membuatnya dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Terdapat dua warna sediaan kapsul vitamin A, yakni:

  • Kapsul warna biru. Kapsul biru memiliki kandungan 100.000 IU vitamin A dan diberikan untuk bayi berumur 6-11 bulan.
  • Kapsul warna merah. Kapsul merah memiliki kandungan 200.000 IU vitamin A. Vitamin A kapsul merah diberikan pada dua kelompok: anak berumur 12-59 bulan, serta ibu yang sedang dalam masa nifas (berumur 0-42 hari setelah melahirkan).

Frekuensi pemberian vitamin berbeda pada masing-masing kategori usia. Bayi berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 IU sebanyak satu kali dalam satu tahun, pada bulan Februari atau Agustus. Sedangkan, anak balita berusia 12-59 bulan diberikan vitamin A dengan dosis 200.000 IU sebanyak dua kali dalam satu tahun, pada bulan Februari dan Agustus. 

Dengan pemberian suplementasi vitamin A pada seluruh anak berusia 6-59 bulan, diharapkan dapat mengeliminasi angka anak yang kekurangan vitamin A di Indonesia.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar