Sukses

Penderita Diabetes Tak Perlu Hindari Makanan Pencuci Mulut

Walaupun menderita diabetes, bukan berarti Anda harus selamanya menghindari dessert atau makanan pencuci mulut lho! Simak kiatnya berikut ini.

Bagi sebagian orang, vonis diabetes yang diberikan dokter terasa sangat menyakitkan. Pasalnya, diabetes akan memaksa Anda menahan diri untuk mengonsumsi makanan yang disukai agar gula darah tidak melonjak.

Tenang saja dan jangan berkecil hati berlebihan. Walaupun menderita diabetes, bukan berarti Anda harus selamanya menghindari dessert atau makanan pencuci mulut yang disukai lho. Berikut beberapa tip yang dapat Anda terapkan:

  • Ganti karbohidrat Anda

Konon makanan pencuci mulut memiliki hubungan erat dengan kadar gula darah. Padahal yang dimaksud sebenarnya adalah kandungan karbohidratnya, bukan jenis makanan pencuci mulut itu sendiri. Maksudnya, jika ingin mengonsumsi makanan pencuci mulut, Anda bisa mengurangi asupan karbohidrat dari sumber lain –misalnya mengurangi konsumsi nasi sewaktu makan.

  • Porsi kecil

Kue atau makanan pencuci mulut kesukaan sangat sulit jika hanya dikonsumsi 1 potong saja. Namun sebaiknya, tentukan batasan porsi untuk diri Anda saat sedang makan –baik itu makanan pencuci mulut atau makanan yang lainnya. Awalnya mungkin akan terasa sulit. Tapi jadikan ini sebagai tantangan bagi diri Anda.

  • Buat makanan pencuci mulut sendiri

Melihat kue berwarna-warni memang menggiurkan. Namun kue yang dijual di toko sering kali tidak disertai informasi kandungan gizi sehingga Anda tidak tahu berapa banyak gula dan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Supaya makanan pencuci mulut Anda lebih sehat, cobalah untuk membuatnya sendiri. Anda bisa mengganti gula dengan pemanis buatan.

  • Buah-buahan

Jika sedang ingin makan yang manis-manis, pilihlah  buah-buahan sebagai makanan pencuci mulut Anda. Meskipun mengandung karbohidrat, namun buah-buahan juga mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk tubuh.

(NB/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar