Sukses

Yoga, Pilates, dan Zumba: Pilih Mana?

Ketiga olahraga ini kini sangat diminati oleh banyak orang. Apakah Anda termasuk salah satunya? Lalu mana yang paling tepat untuk Anda?

Olahraga telah menjadi bagian dari rutinitas banyak orang. Bermacam-macam olahraga kini telah hadir di Indonesia. Dulu olahraga hanya sebatas lari, bersepeda, basket, atau hanya bermain sepak bola. Tapi sekarang? Ada banyak pilihan olahraga. Tiga jenis olahraga yang sedang naik daun adalah yoga, Pilates, dan Zumba.

Yoga

Yoga adalah satu bentuk aktivitas fisik yang usianya cukup tua. Olahraga ini meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur. Kekuatan otot dan fleksibilitas menjadi fokus utama dari yoga, bukan latihan aerobik yang menguras banyak kalori.

Selain itu, gerakan yoga juga lebih berpusat pada penyeimbangan tubuh dan pikiran serta peregangan otot. Jika ingin olahraga yang bersifat tenang dan tidak terlalu banyak membakar kalori, yoga bisa menjadi pilihan Anda. Olahraga ini juga cocok untuk Anda yang menginginkan latihan bernuansa spiritual dan membantu mengontrol stres dengan baik.

Pilates

Olahraga yang satu ini hampir mirip dengan yoga. Latihan ini lebih cenderung memiliki pendekatan fisik yang menggabungkan antara koordinasi, fleksibilitas, dan nada. Tujuannya adalah agar otot menjadi ramping dan kuat.

Zumba

Zumba merupakan tarian kebugaran yang menggabungkan antara samba, salsa, reggae, hip hop, dan beberapa tarian lainnya.

Anda bisa memilih Zumba jika ingin membakar lemak secara cepat dan tidak terlalu menyukai lari. Jika Anda melakukan Zumba selama 1 jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 400 kal. Sungguh fantastis, bukan?  

Ketiga olahraga tersebut mempunyai tujuan dan cara latihan yang berbeda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan apa yang ingin dicapai dengan melakukan olahraga tersebut.

(RS/RH)

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar