Sukses

Cara Atasi Rambut Rontok

Anda mengalami rambut rontok? Ketahuilah, ginseng dapat membantu menangani kondisi tersebut!

Kondisi rambut rontok dalam istilah medis disebut sebagai alopecia. Terdapat berbagai tipe dari alopecia, salah satunya alopecia areata (AA). Kondisi rambut rontok akibat AA sering menyebabkan kerontokan rambut setempat maupun menyeluruh, yang tergolong sulit untuk ditangani. Tidak sedikit penderita rambut rontok akibat AA yang merasa frustrasi akibat kerontokan yang tak kunjung usai.

Kerontokan Akibat AA

AA merupakan penyakit yang disebabkan oleh penyerangan sistem imun tubuh terhadap folikel rambut, tempat awal pertumbuhan rambut. Kondisi ini menyebabkan rambut mengalami kerontokan, yang banyaknya bervariasi (bisa berupa kerontokan lokal, hingga kerontokan seluruh rambut di area kepala). Pada kondisi yang lebih jarang, kerontokan rambut dapat terjadi pada seluruh tubuh.

Faktor keturunan dipercaya memiliki andil terhadap terjadinya rambut rontok akibat AA. Penyakit ini tidak dapat diprediksi kemunculannya. Kebotakan yang telah terjadi akibat AA dapat mengalami pertumbuhan rambut kembali, namun ada kalanya kebotakan terjadi permanen.

Rambut rontok akibat AA tidak dapat disembuhkan (dihilangkan sepenuhnya. Namun bisa dikontrol agar rambut dapat tumbuh kembali dan penderita tidak perlu mengalami kebotakan yang berat. Selain obat-obatan yang telah umum digunakan, berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa tumbuhan ginseng dapat bermanfaat untuk mengatasi AA.

Tangani dengan Ginseng

Berdasarkan sejarah, ginseng sudah digunakan sejak zaman dahulu di Korea untuk masalah kerontokan rambut. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ga Na Oh dan Son SW, ginseng merah Korea diketahui efektif untuk mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Efek peningkatan pertumbuhan rambut ini berkaitan dengan komponen ginsenoside-Rb1 dan 20(S)-ginsenoside Rg3 yang ada pada ginseng merah Korea.

Dalam penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa ginseng merah Korea dapat memulihkan kondisi peradangan pada folikel rambut. Efek anti-peradangan inilah yang dipercaya berkaitan dengan kemampuan mendorong pertumbuhan kembalinya rambut.

Penelitian lain yang menggunakan jenis ginseng berbeda memberikan hasil yang hampir serupa. Penelitian menggunakan ginseng jenis fructus panax ginseng juga diketahui meningkatkan pembelahan sel folikel rambut dan mampu meregenerasi pertumbuhan rambut. 

0 Komentar

Belum ada komentar