Sukses

Panduan Memilih Detergen yang Aman

Banyaknya produk detergen pakaian yang hadir di tengah masyarkat tak menjamin semuanya telah lolos uji keamanan. Agar tidak salah pilih, baca panduan memilih detergen yang aman di sini!

Banyak orang beranggapan mencuci pakaian merupakan salah satu kegiatan rumah tangga yang cukup mudah untuk dilakukan. Sayangnya tak banyak yang tahu bahwa kandungan zat kimia pada detergen tidak semuanya terbilas oleh air. Bahkan sebagian dapat diserap oleh kulit saat pakaian dikenakan. Beberapa orang juga terkadang mengeluh gatal-gatal pada kulit tangan usai mencuci baju dengan detergen.

Apa saja sih yang perlu diperhatikan saat memilih detergen yang aman?

  • Pilih produk hipoalergenik

Terkadang, penggunaan detergen tertentu dapat menyebabkan dermatitis kontak iritan atau dermatitis kontak alergik. Ini merupakan penyakit kulit yang dapat menimbulkan kemerahan yang terasa gatal atau panas pada kulit setelah mengalami kontak dengan benda atau zat kimia tertentu. Bila pernah mengalami hal ini, ada baiknya Anda mencari produk detergen yang hipoalergenik untuk mengurangi risiko terjadinya kondisi kulit tersebut.

  • Hati-hati dengan surfaktan

Surfaktan merupakan salah satu komponen yang umumnya terdapat pada detergen, yang berfungsi untuk memisahkan minyak atau kotoran dari pakaian. Pada sebagian orang, surfaktan dapat menyebabkan iritasi kulit atau memperparah penyakit kulit yang sedang berlangsung. Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif bisa mengalami keluhan kulit setelah mengenakan pakaian yang dicuci dengan detergen yang mengandung surfaktan –walaupun hal ini cukup jarang terjadi.

  • Gunakan detergen ramah lingkungan

Selain aman bagi tubuh, detergen yang dipilih juga baiknya aman bagi lingkungan. Penggunaan detergen dengan surfaktan yang dapat terurai seperti LABS (linear alkylbenzene sulfonate) akan lebih aman bagi lingkungan dibandingkan dengan surfaktan yang tidak dapat terurai seperti ABS (alkylbenzene sulfonate). Detergen yang rendah fosfat juga merupakan pilihan yang lebih baik untuk lingkungan.

Untuk meningkatkan keamanan dalam penggunaan detergen di rumah, Anda bisa menggunakan sarung tangan saat menggunakan detergen. Selain itu gunakan detergen secukupnya (sesuai takaran yang disarankan), dan pilihlah detergen yang aman bagi tubuh serta lingkungan.

0 Komentar

Belum ada komentar