Sukses

Mengapa Ibu Hamil Perlu Protein?

Selama kehamilan, Anda membutuhkan asupan gizi yang baik untuk diri sendiri maupun janin. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kebutuhan zat protein.

Protein merupakan salah satu komponen makanan yang penting untuk dipenuhi selama kehamilan. Anjuran asupan harian protein untuk dewasa adalah sekitar 45 gram. Namun pada ibu hamil, jumlah yang dibutuhkan meningkat menjadi 75 gram –atau lebih tepatnya 1.1 gram per kilogram berat badan.

Mengapa Anda memerlukan asupan protein yang cukup selama kehamilan?

  • Protein berperan penting dalam perkembangan jaringan pada janin, termasuk jaringan otak. Inilah mengapa asupan protein menjadi sangat penting pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Pada usia kehamilan tersebut pertumbuhan janin menjadi lebih cepat.
  • Penelitian terkini juga menemukan bahwa konsumsi susu dan makanan yang mengandung protein dapat meningkatkan perkembangan janin.
  • Protein juga dibutuhkan untuk perkembangan payudara dan rahim ibu hamil, untuk mengakomodasikan kebutuhan dari janin yang berkembang.

Kekurangan protein selama kehamilan dapat menyebabkan berat badan bayi lahir rendah, pembentukan jaringan otot dan antibody tidak maksimal, dan sebagainya.

Beberapa pilihan makanan berprotein yang sesuai untuk ibu hamil adalah daging sapi, daging ayam, ikan dan makanan laut lainnya, putih telur, susu, yoghurt, dan keju sebagai sumber protein hewani; serta tahu, tempe, kacang-kacangan, dan sebagainya sebagai sumber protein nabati.

Proses pengolahan yang disarankan adalah dengan cara merebus, mengukus, atau menumis. Sedangkan, proses pengolahan seperti menggoreng dengan minyak sebaiknya dihindari agar asupan lemak tidak berlebihan.

Namun perlu diingat bahwa konsumsi protein yang berlebihan juga dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi ginjal. Beberapa jenis makanan yang kaya akan protein hewani juga mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu, konsumsilah gizi yang seimbang dan pilih produk-produk protein yang rendah lemak bila memungkinkan.

0 Komentar

Belum ada komentar