Sukses

Menyambut Gerhana Matahari Cincin September 2016

Tahukah Anda bahwa Indonesia akan ‘kedatangan’ gerhana matahari cincin pada 1 Semptember 2016?

Setelah peristiwa gerhana matahari total pada bulan Maret silam, sebentar lagi Indonesia pun akan menjadi saksi gerhana matahari cincin lho! Gerhana matahari cincin merupakan salah satu fenomena alam yang dinantikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Fenomena menakjubkan ini akan dapat disaksikan di tanah air pada tanggal 1 September 2016.

Bedanya dengan Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari terjadi ketika matahari, bumi, dan bulan berada sejajar sehingga sinar matahari terhalang oleh bayangan bulan. Pada gerhana matahari total, posisi bulan berada lebih dekat dengan bumi sehingga sinar matahari yang terhalang lebih banyak. Akibatnya, matahari seolah-olah menjadi gelap. Sementara pada gerhana matahari cincin, posisi bulan lebih dekat ke matahari sehingga masih terlihat sinar matahari berupa cincin api raksasa di langit.

Penampakan Gerhana di Indonesia

Masyarakat Indonesia cukup beruntung. Pasalnya, yang dapat menikmati fenomena gerhana matahari cincin ini hanya negara Afrika –seperti; Tanzania, Kongo, Gabon, dan Madagaskar, Indonesia, dan Australia bagian barat.

Namun tidak semua masyarakat Indonesia seberuntung itu. Karena yang dapat menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin di Indonesia hanyalah provinsi Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Meskipun demikian, Indonesia hanya kebagian untuk melihat gerhana matahari sebagian saja. Jika ingin menyaksikan cincin api raksasa di langit, Anda harus terbang ke benua Afrika.

Siapkan Diri Anda

Indonesia dapat melihat gerhana matahari cincin sebagian pada sore hari. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa kawasan Indonesia yang pertama kali dapat melihat gerhana matahari cincin adalah Pacitan, Jawa Timur, pada pukul 17.26. Puncak gerhana akan terjadi di Kepulauan Mentawai pada pukul 17.52, dan berakhir di Bengkulu pada pukul 18.06.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melihat gerhana matahari cincin sebagian mulai pukul 17.30. Gerhana matahari cincin ini hanya akan berlangsung selama 20 menit. Apabila kurang puas menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada 1 September 2016, Anda dapat bersiap untuk menyaksikan gerhana matahari cincin yang sebenarnya, pada tanggal 26 Desember 2019.

Ditunggu, ya!

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar