Sukses

Jaga Hati, Hindari Makan Ini

You are what you eat. Apa yang Anda makan dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan –tak terkecuali kesehatan hati.

Hati merupakan organ tubuh yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satu fungsi organ hati adalah untuk menetralisir berbagai bahan toksin dalam tubuh. Namun jika hati terus-menerus terpapar bahan beracun, maka akan terjadi kerusakan hati. Karena itu penting untuk mengetahui bahan makanan yang berpotensi merusak hati.

Jadi, apa saja bahan makanan yang dapat merusak hati?

  1. Makanan dengan kadar lemak dan gula tinggi

Makanan berlemak tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, namun juga bagi kesehatan hati. Makanan yang tinggi lemak dan gula dapat menyebabkan sindrom metabolik, diabetes, dan obesitas. Seseorang dengan diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami nonalcoholic fatty liver disease (perlemakan hati). Perlemakan hati dapat berakhir pada pengerasan hati atau sirosis. Seseorang dengan sirosis hati akan mengalami berbagai gangguan fungsi hati, seperti kuning, perut membuncit dan penurunan kesadaran.

  1. Minuman herbal

Berbagai produk herbal merupakan terapi yang umum ditemui saat ini. Produk herbal merupakan salah satu penyebab kerusakan hati, meskipun tak semua produk dapat menyebabkan kerusakan hati. Chelidonium majus (bahan produk herbal untuk keluhan mual) dan Anthracene glycoside (untuk memperlancar saluran pencernaan) adalah dua produk herbal yang dikaitkan dengan kerusakan hati. 

  1. Jamur

Beberapa jamur tertentu memiliki kandungan toksin yang berbahaya bagi hati. Salah satunya adalah Amanita phalloides. Beberapa contoh jamur lain, seperti Aspergillus flavus dan Aspergillus parasiticus, dapat menghasilkan senyawa racun yaitu aflatoksin. Jamur ini biasanya ditemukan pada berbagai bahan makanan yang tidak disimpan dengan benar –misalnya pada jagung, beras, dan gandum. Aflatoksin berpotensi menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kanker hati dalam jangka panjang.

Jadi, perhatikan makanan yang akan dikonsumsi agar kesehatan hati Anda tetap terjaga.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar