Sukses

Ukuran Penis yang Normal Berdasarkan Ras

Konon salah satu patokan ‘keperkasaan’ pria adalah ukuran penis. Benarkah? Lalu berapa ukuran penis yang normal dan adakah perbedaan ukuran antar ras?

Ada bermacam-macam aspek yang digolongkan sebagai ‘keperkasaan’ pria dalam kaitannya dengan seksualitas bagi masyarakat umum. Berbagai aspek ini dipengaruhi oleh mitos, kultur, dan media. Salah satunya adalah tentang ukuran penis.

Cukup banyak orang yang berpikir bahwa penis yang besar lebih baik dalam memberikan kepuasan saat berhubungan seksual. Akibatnya banyak pria yang merasa memiliki penis kecil, mencari produk atau alat untuk membesarkan penis. Padahal itu sebenarnya tidak aman dan justru berisiko membahayakan kesehatan.

Penelitian yang dilakukan oelh Veale dkk (BJU International, 2015) menemukan bahwa rata-rata ukuran panjang penis dalam keadaan rileks adalah sekitar 9.16 cm, dengan lingkar penis sebesar 9.31 cm. Sedangkan dalam keadaan ereksi, panjang normal penis adalah 13.2 cm dengan lingkar 11.66 cm. Adapun cara pengukurannya dimulai dari tulang kemaluan/tulang pubis hingga ujung penis, sehingga meliputi sedikit bagian yang tidak tampak dari luar.

Sering merasa khawatir bahwa ukuran penis Anda kecil dan memiliki kelainan? Jangan panik! Penis baru dikatakan kecil (mikropenis) jika ukurannya kurang dari 7 cm saat ereksi. Bila masih di atas ukuran ini, maka masih tergolong normal.

Selain itu, kepercayaan bahwa ukuran penis bervariasi sesuai ras ternyata tidak didukung oleh bukti-bukti ilmiah. Penelitian di beberapa ras berbeda pun tidak menemukan perbedaan yang jauh antar ras. Penduduk asli Amerika, penduduk Asia, ras kulit hitam, ras kulit putih, dan penduduk Kepulauan Pasifik memiliki rata-rata ukuran penis yang hampir sama –rata-rata sesuai ukuran yang disebutkan di atas. Untuk itu, meskipun orang banyak mengidentikkan ras tertentu dengan ukuran penis yang lebih besar, data yang terkumpul tidak menunjukkan hal tersebut.

Apabila ukuran penis Anda masih sesuai dengan ukuran di atas dan tidak tergolong sebagai ukuran mikropenis, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Sangat tidak direkomendasikan untuk mencoba berbagai obat atau metode memperbesar penis, apalagi yang tidak diawasi oleh dokter. Salah obat, justru penis Anda yang dapat mengalami masalah karenanya!

(RS/RH)

Baca juga:

1 Komentar