Diet dan Nutrisi

Daftar Makanan yang Baik untuk Hati Kita

dr. Dewi Ema Anindia, 29 Agt 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan memilih makanan yang baik untuk hati. Makanan apa sajakah itu?

Daftar Makanan yang Baik untuk Hati Kita

Hati merupakan organ yang sangat penting di tubuh kita. Hati yang terletak di bawah tulang rusuk kanan memiliki banyak fungsi vital. Segala jenis makanan dan obat akan melewati hati untuk disaring. Hati juga membersihkan darah dari segala macam racun yang muncul dari luar atau dari sisa metabolisme tubuh. Selain itu, hati berperan dalam pencernaan lemak serta penyimpanan glukosa.

Karena fungsi-fungsinya tersebut, maka sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan hati dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah dengan memilih makanan yang baik untuk hati. Makanan apa sajakah itu?

  • Bawang

Bawang dapat membantu hati untuk mengaktivasi beberapa jenis enzim untuk melawan racun. Bawang juga tinggi akan kandungan alisin dan selenium yang bisa membantu membersihkan hati.

  • Alpukat

Dengan menambahkan alpukat ke dalam diet Anda, maka bisa membantu tubuh Anda untuk memproduksi antioksidan yang dinamakan glutation. Glutation dapat membantu fungsi penyaringan hati.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan selada bisa membantu menghilangkan bahan kimia atau racun yang mungkin ada di makanan yang kita konsumsi. Sayuran hijau bisa bersifat sebagai pelindung untuk hati kita.

  • Lemon

Lemon dapat membantu menghilangkan racun di tubuh dan membantu proses pencernaan.

  • Apel

Apel dapat membersihkan racun-racun di tubuh sekaligus menghilangkan racun di saluran pencernaan.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan makanan yang baik untuk hati. Minyak zaitun bisa membantu mencerna lemak serta menghilangkan racun di tubuh.

Selain mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menjaga kesehatan hati dengan mengurangi konsumsi alkohol, olahraga secara teratur, dan juga berhati-hatilah saat mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu.

Hatimakanan

Konsultasi Dokter Terkait