Sukses

Pembagian Derajat Penyakit Asma

Asma adalah peradangan kronis yang umumnya terjadi pada saluran napas. Penyakit ini terdiri dari derajat yang ringan hingga berat –yang dapat berujung pada kematian.

Berita duka kembali datang dari dunia hiburan. Susi ‘Similikiti’, istri komedian Tukul Arwana, meninggal dunia pada hari Selasa, 23 Agustus 2016. Dugaan saat ini, ia meninggal dunia akibat serangan asma. Penyakit ini memang sudah sangat umum di telinga masyarakat luas. Namun tidak semuanya mengetahui penyakit ini secara luas.

Asma adalah peradangan kronis yang umumnya terjadi pada saluran napas, ditandai dengan gejala yang bervariasi dan terjadi berulang-ulang. Asma terdiri dari derajat yang ringan hingga berat –yang dapat berujung pada kematian.

  • Derajat asma intermiten

Ini terjadi jika penyakit asma kambuh kurang dari 1 kali dalam seminggu, tidak memberikan gejala ketika tidak kambuh. Serangan asma derajat ini juga singkat, yakni hanya terjadi kurang dari 2 kali saat malam hari.

  • Derajat asma persisten ringan

Ini terjadi jika penyakit asma kambuh lebih dari 1 kali dalam seminggu, tetapi kurang dari 1 kali per hari. Saat terjadi, gejalanya akan sangat mengganggu aktivitas, dan kenyamanan saat tidur. Derajat asma persisten ringan biasanya terjadi lebih dari 2 kali selama seminggu saat malam hari.

  • Derajat asma persisten sedang

Asma dapat dikategorikan memiliki derajat persisten sedang jika gejalanya timbul setiap hari. Ini biasanya membutuhkan obat bronkodilator setiap harinya untuk membantu mengurangi keluhan. Saat ini terjadi, penderita harus mulai sangat waspada.

  • Derajat asma persisten berat

Asma derajat ini memberikan gejala yang terjadi secara terus-menerus, sehingga penderita akan sangat terbatas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Derajat asma ini sangat membutuhkan perhatian khusus dari dokter.

Pengetahuan tentang derajat asma di atas sangat penting untuk diingat. Ini bertujuan agar Anda dapat mengukur tingkat keparahan asma yang mungkin dialami oleh orang di sekitar, sehingga Anda dapat lebih waspada dalam menyikapi penyakit asma yang dapat berujung pada kematian. 

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar