Sukses

Pertolongan Pertama Saat Asma Menyerang

Banyak orang tidak mengetahui apa yang harus dilakukan saat asma menyerang. Jangan panik! Inilah yang harus Anda lakukan.

Asma. Sebagian besar masyarakat sudah pernah mendengar penyakit yang satu ini. Asma adalah peradangan kronis yang umumnya terjadi pada saluran napas, ditandai dengan gejala yang bervariasi dan terjadi berulang-ulang. Asma terdiri dari derajat yang ringan hingga berat –yang dapat berujung pada kematian.

Saat asma menyerang, sebagian besar penderitanya tidak mengetahui apa yang harus dilakukan. Tak jarang, mereka malah panik dan membuat kondisinya semakin memburuk. Tenang! Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama saat asma menyerang:

  1. Usahakan tetap tenang dan relaks. Sebisa mungkin jaga ritme pernapasan. Posisikan diri Anda dengan duduk atau setengah duduk. Hindari berbaring karena akan memperberat sesak yang Anda alami.
  2. Kenali derajat keparahan serangan yang datang. Jika asma sudah tergolong sebagai sedang atau berat, segera minta orang di sekitar untuk membawa Anda ke rumah sakit terdekat.
  3. Selalu sediakan obat hisap yang diresepkan oleh dokter. Gunakan obat hisap tersebut, sambil menunggu Anda tiba di rumah sakit terdekat.
  4. Tetap kunjungi rumah sakit walaupun serangan yang terjadi hanya serangan asma ringan. Tidak ada yang mengetahui apa yang terjadi di dalam diri Anda saat asma menyerang jika tidak diperiksakan dengan segera.

Ingat, penanganan dengan segera wajib untuk diberikan. Dengan beberapa langkah di atas, semoga Anda dapat terhindar dari serangan asma berulang yang dapat dengan cepat merenggut nyawa.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar