Sukses

Amankah Rokok Elektrik?

Banyak yang menganggap bahwa rokok elektrik lebih aman daripada rokok biasa. Benarkah? Baca faktanya di sini!

Penggunaan rokok elektrik sebagai pengganti rokok biasa semakin marak akhir-akhir ini. Banyak yang mengganggap bahwa rokok elektrik jauh lebih aman daripada rokok biasa. Selain itu, banyak pula yang menganggap bahwa rokok elektrik merupakan jembatan bagi seorang perokok untuk berhenti merokok. Benarkah demikian?

Apa itu rokok elektrik?

Rokok elektrik merupakan suatu alat yang menggunakan pemanas elektrik untuk mengubah cairan yang mengandung kombinasi berbagai zat—termasuk nikotin— menjadi uap, sehingga dapat diisap seperti layaknya rokok. Rokok elektrik tentunya berbeda dengan rokok biasa karena tidak memerlukan proses pembakaran seperti rokok biasa serta memiliki bahan dasar berupa cairan.

Ternyata janji manis produsen rokok elektrik tidak semanis faktanya. Rokok elektrik masih mengandung zat nikotin sehingga dapat berdampak negatif terhadap tubuh. Hal ini menarik perhatian para peneliti di dunia untuk mengetahui apa dampak rokok elektrik terhadap kesehatan, terutama untuk kesehatan paru.

Dampak Bagi Paru

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai gangguan paru –mulai dari peradangan paru, asma, penurunan fungsi paru, hingga kanker paru. Gangguan ini pada awalnya bermula dari rusaknya fungsi pertahanan sel endotel paru yang disebabkan oleh asap rokok.

Penelitian mengenai hal ini juga dilakukan pada rokok elektrik. Peneliti di luar negeri melakukan uji coba paparan asap rokok elektrik terhadap tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa komponen yang terdapat dalam asap rokok elektrik –termasuk nikotin– dapat menyebabkan penurunan fungsi pertahanan sel endotel paru. Hal ini disebabkan oleh reaksi stres oksidatif dan peradangan yang dipicu oleh radikal bebas yang terdapat dalam asap rokok elektrik.  

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa penurunan fungsi pertahanan sel endotel paru dalam jangka panjang dapat memicu berbagai masalah kesehatan paru. Itulah sebabnya mengapa rokok elektrik juga tidak sehat untuk tubuh Anda, terutama untuk paru.

Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan merokok –baik kebiasaan mengisap rokok biasa maupun rokok elektrik. Ini akan membantu Anda mengurangi risiko bahaya rokok terhadap kesehatan. 

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar