Sukses

Pentingnya Ikut Imunisasi Tetanus di Sekolah

Untuk menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak di Sekolah (BIAS), salah satu imunisasi yang diberikan adalah vaksin tetanus. Yuk, kenali lebih jauh mengenai tetanus dan imunisasi tetanus.

Sudahkah anak Anda mendapatkan imunisasi tetanus? Tetanus merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh tetanospasmin, sejenis neurotoksin yang diproduksi bakteri Clostridium tetani.

Clostridium tetani adalah bakteri yang sensitif terhadap suhu panas dan mumnya hidup di kotoran dan tanah, khususnya di area yang terdapat banyak kotoran hewan seperti peternakan atau jalanan. Bakteri tetanus biasanya masuk ke dalam tubuh melalui luka atau goresan. Karena itu, risiko terpapar bakteri tetanus sangat besar terutama pada anak-anak yang gemar bermain di luar rumah.

Bakteri Clostridium tetani  tumbuh lebih cepat di area yang kekurangan oksigen. Nah, jadi semakin dalam dan semakin sempit lukanya, akan semakin sedikit oksigen yang berada di sekitarnya, dan kemungkinan terjadinya tetanus semakin besar. Gejala tetanus muncul perlahan dan dapat semakin buruk seiring dengan waktu. Gejalanya bisa muncul setelah beberapa hari mengalami luka, bahkan beberapa bulan. Pada sebagian besar kasus, gejala tetanus muncul dalam waktu 14 hari.

Gejala tetanus ditandai dengan sakit kepala, sulit membuka mulut dan menelan, serta kaku pada leher, punggung atau bahu. Selain itu, tetanus dapat mencetuskan rasa sakit kronis pada otot-otot yang mengejang di leher, lengan, kaki, serta perut. Jika kejang berlangsung terus-menerus dan semakin memburuk, maka bisa membuat tulang patah termasuk tulang punggung. Tetanus juga dapat menimbulkan masalah pada tekanan darah dan detak jantung, bahkan berujung mematikan apabila racun sudah menyebar.

Hingga saat ini, belum ada tes laboratorium khusus untuk memastikan seseorang terkena tetanus. Dokter biasanya hanya mengandalkan dari gejala-gejala dan riwayat kesehatan sebelumnya.

Di sekolah, semua anak SD dan setingkatnya (kelas 2 dan 3) akan mendapatkan imunisasi tetanus toksoid. Pemberian imunisasi ini akan memberikan perlindungan selama 25 tahun terhadap infeksi tetanus. Jadi, sudahkah anak Anda mendapat imunisasi tetanus?

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar