Sukses

Kudapan Sehat untuk Anak

Kudapan sehat dapat menyediakan energi serta nutrisi penting bagi anak. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anak bisa benar-benar mengonsumsi kudapan yang sehat. Simak selengkapnya berikut ini.

Kudapan atau camilan merupakan makanan yang sangat digemari oleh anak-anak. Kudapan yang bergizi dan sehat akan membantu anak untuk menahan rasa laparnya sepanjang hari. Selain itu, kudapan yang sehat juga dapat menyediakan energi serta nutrisi penting bagi anak.

Bagi para orangtua yang ingin menyajikan kudapan sehat untuk anak, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Hindari junk food

Anda pasti pernah mendengar kaitan antara junk food dan obesitas. Karenanya, hindari untuk memperkenalkan anak dengan junk food. Berikanlah contoh yang baik dengan tidak mengonsumsi junk food dihadapan anak, atau sama sekali menghindari junk food

  • Buat sendiri kudapan untuk anak

Dengan membuat sendiri kudapan untuk anak, Anda tahu secara pasti bahan-bahan serta cara pembuatannya. Selain dapat memantau kandungan yang terdapat dalam kudapan, Anda juga dapat menjamin kebersihan kudapan buatan Anda. 

  • Serat

Makanan tinggi serat sangat lama dihancurkan di dalam usus, sehingga akan membuat anak kenyang lebih lama. Selain itu, serat yang terkandung pada buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh.

  • Variasi makanan

Sajikan makanan yang bervariasi, sehingga anak tidak bosan dan selalu bersemangat memakan kudapan yang Anda sediakan. Contohnya, hari ini Anda memadukan pisang dengan selai kacang di atasnya, lalu besoknya mungkin Anda bisa memberikan pisang dengan campuran sereal.

  • Batasi porsi dan frekuensi pemberian kudapan

Jika Anda membeli 1 batang cokelat, berikan anak kira-kira setengah batang cokelat. Cobalah untuk selalu mengurangi porsi kudapan agar anak tidak makan berlebihan. Selain itu, batasi juga pemberian kudapan, misalnya 2 kali sehari saat siang dan sore.

  • Have fun

Buatlah kudapan sebagai ajang anak untuk bermain, misalnya dengan mengajak anak membentuk kudapannya sendiri dengan bentuk yang ia sukai. Kemudian Anda juga bisa menghias piring kudapan dengan membentuk wajah senyum menggunakan berbagai macam buah. Atau, Anda bisa bermain teka-teki bersama anak saat jam makan kudapan.

  • Jangan tertipu dengan label makanan

Makanan yang dijual di pasaran dengan berbagai label, misalnya berlabel rendah lemak, rendah gula, dan lain sebagainya, belum tentu memiliki kandungan yang demikian. Karenanya, Anda harus berhati-hati dan mengecek tabel nutrisi sebelum membelinya dan memberikannya pada Si Kecil.

  • Tentukan zona untuk menikmati kudapan

Ajarkan anak untuk mengonsumsi kudapan pada area-area tertentu, seperti di dapur atau meja makan. Jangan biarkan anak mengonsumsi kudapan sambil menonton televisi atau bermain. Hal ini bertujuan untuk memantau jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh anak. Jika terpaksa harus memberikan kudapan saat anak sedang bermain atau menonton televisi, sebaiknya berikan kudapan yang tidak digoreng, seperti buah-buahan segar, sereal, atau yoghurt.

Mengajarkan anak untuk mengonsumsi kudapan yang sehat akan membuat anak menjadi terbiasa dengan pola makan sehat hingga ia besar nanti.

Selamat mencoba! 

0 Komentar

Belum ada komentar