HomeGaya hidupSeksCara Jitu Atasi Disfungsi Ereksi
Seks

Cara Jitu Atasi Disfungsi Ereksi

dr. Karin Wiradarma, 16 Agu 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Disfungsi ereksi bukanlah akhir dari segalanya. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasinya.

Cara Jitu Atasi Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi yang dikenal juga sebagai impotensi adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang berkualitas untuk melakukan hubungan seksual. Ini adalah masalah pelik bagi pria, karena sangat memengaruhi ego dan keberhasilannya di ranjang.

Penyebab Disfungsi Ereksi

Ereksi terlihat seperti sebuah proses yang sederhana –padahal sebenarnya tidak demikian. Untuk mencapainya, diperlukan kerjasama dari beberapa komponen tubuh, seperti otak, hormon, emosi, saraf, otot, dan pembuluh darah. Kelainan dari salah satu komponen tersebut dapat berujung pada terjadinya disfungsi ereksi.

Penyebab disfungsi ereksi dibagi menjadi dua bagian besar, yakni penyebab fisik dan psikis. Penyebab fisik biasanya banyak dialami dialami oleh pria lanjut usia. Penyakit degeneratif seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, obesitas, sindrom metabolik, penyakit parkinson, dan insomnia merupaka penyebab fisik yang paling umum.

Sementara penyebab psikis didominasi oleh pria usia muda. Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan juga dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi. Riwayat kanker prostat, pembesaran prostat, serta trauma atau operasi pada area panggul juga dapat memengaruhi kejantanan pria. Di samping penyebab fisik atau organik, penyebab psikis juga tak kalah berperan.

Terapi Disfungsi Ereksi

Jangan berkecil hati, dewasa ini telah dikembangkan berbagai metode untuk mengatasi disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi yang disebabkan oleh masalah psikologis umumnya memiliki kemungkinan sembuh yang lebih besar dibandingkan dengan yang disebabkan oleh kelainan organik.

Saat ini terdapat obat-obatan oral di pasaran untuk membantu pria mencapai ereksi dan mempertahankannya lebih lama.  Beberapa di antaranya yaitu sildenafil (Viagra®), tadalafil (Cialis®), vardenafil (Levitra®), danavanafil (Stendra®). Obat-obat tersebut memiliki khasiat memperlebar pembuluh darah pada penis, sehingga meningkatkan aliran darah ke organ intim pria tersebut. Aliran darah yang cukup pada penis sangat penting untuk dapat membangkitkan ereksi pada penis.

Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati sebelum mengonsumsi obat tersebut. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya. Sebab obat impotensi dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu –dan tak jarang bisa berakibat fatal. Selain obat minum, ada pula obat yang dapat disuntikkan oleh dokter langsung ke penis untuk mengatasi disfungsi ereksi. Ereksi dapat bertahan antara 20-40 menit dengan obat tersebut. Karena menggunakan jarum yang sangat kecil dan halus, rasa nyeri dapat diabaikan.

Pria yang memiliki kesulitan ereksi karena rendahnya hormon testosteron bisa mendapatkan manfaat dari terapi hormone testosteron. Terapi tersebut dapat dilakukan dengan suntikan, koyo, gel, atau obat minum. Bagi mereka yang mengalami disfungsi ereksi akibat masalah psikis, dapat mengunjungi psikolog atau dokter ahli kesehatan jiwa (psikiater) untuk mendapatkan psiko terapi dan terapi obat apabila dibutuhkan.

(RS/RH)

Disfungsi Ereksi

Konsultasi Dokter Terkait