Sukses

Pentingnya Ajari Anak Pengetahuan P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh semua orang, termasuk anak. Yuk, cari tahu selengkapnya di sini.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh semua orang, termasuk anak. Pengetahuan P3K mencakup penanganan luka dan cedera yang dapat terjadi sehari-hari.

Dengan adanya pengetahuan ini, seseorang akan memiliki bekal untuk menolong diri sendiri maupun orang lain sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

Anak memiliki banyak aktivitas, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Terkadang, orangtua tidak selalu dapat mengawasi secara langsung segala aktivitas anak Sementara itu, cedera dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Inilah sebabnya mengapa pengetahauan P3K sangat penting untuk diajarkan pada anak.

Beberapa pengetahuan P3K yang penting diajarkan pada anak, yakni:

  • Cara membersihkan dan menutup luka biasa
  • Cara menghentikan perdarahan
  • Penanganan awal luka bakar
  • Penanganan awal luka gigitan hewan
  • Penanganan awal jika terjadi cedera saat olahraga
  • Cara memanggil bantuan/pertolongan

Pada dasarnya, tujuan dari mengajarkan P3K pada anak adalah untuk menghindari cedera yang lebih parah akibat pertolongan pertama yang tidak tepat. Setidaknya, pengetahuan mengenai P3K akan membuat anak lebih sadar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan jika terjadi cedera atau kecalakaan. Dengan demikian, anak tidak akan sembarangan melakukan hal-hal yang justru malah membahayakan korban.

Di samping itu, mengajarkan pengetahuan P3K pada anak juga dapat melatihnya menjadi lebih mandiri dan berani. Namun demikian, anak juga perlu diajarkan untuk segera melapor kepada orangtua, guru, atau orang dewasa lain jika terjadi cedera.  Dengan kerja sama yang baik antara anak, orangtua, guru, ataupun orang dewasa lain, keselamatan anak akan lebih terjamin. Jadi Anda tidak perlu khawatir berlebihan saat anak melakukan aktivitas di sekolah ataupun di luar rumah.

(NB/RH)

  1. Obat-obatan yang Perlu Dibawa Saat Berkemah
  2. Anak Mandiri dan Percaya Diri dengan Pramuka

0 Komentar

Belum ada komentar