Sukses

Tip Agar Anak Tidak Takut Diimunisasi

Sungguh repot jika anak tidak mau diimunisasi karena takut. Padahal, masih ada sederet jadwal imunisasi yang penting untuknya. Harus bagaimana?

Imunisasi merupakan salah satu hal terpenting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Lewat imunisasi, proses terbentuknya kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis kuman yang dapat menyebabkan penyakit fatal, seperti hepatitis B, TBC, polio, difteri, pertusis, tetanus, dan campak dapat dirangsang.

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, beberapa jenis imunisasi seperti imunisasi tetanus membutuhkan pengulangan hingga anak memasuki usia sekolah.

Dari sisi tenaga medis, mengimunisasi anak sekolah lebih sulit dari pada mengimunisasi bayi. Begitu pula yang dialami oleh para orangtua atau guru. Berbeda dengan bayi yang masih belum terlalu mengerti tentang imunisasi, anak usia sekolah sudah paham bahwa saat diimunisasi mereka akan disuntik. Akibatnya banyak anak yang merasa ketakutan dan tidak mau diimunisasi. Berbagai cara dilakukan seperti mencoba melarikan diri, bersembunyi, menangis, dan mekanisme pertahanan lainnya.

Lantas, apa yang dapat Anda lakukan agar anak tidak takut diimunisasi?

  • Berikan pemahaman mengenai manfaat imunisasi

Anak perlu diajarkan mengenai manfaat imunisasi bagi tubuhnya. Berikan informasi dengan bahasa sederhana yang mudah dimengerti. Sebaiknya, informasi diberikan beberapa hari sebelum jadwal imunisasi. Dengan demikian, anak memiliki mental yang lebih siap saat hari imunisasi.

  • Katakan bahwa sakit yang dialami saat imunisasi tidak seperti yang dibayangkan

Banyak anak merasa ketakutan yang berlebihan terhadap jarum suntik. Beritahukan kepada mereka bahwa sakit yang dialami hanya sebentar saja, asalkan ia dapat berdiri atau duduk dengan tenang saat di imunisasi.

  • Tekankah bahwa imunisasi seperti ini sudah pernah dilakukan saat masih bayi

Jelaskan kepada anak bahwa imunisasi yang akan dilakukan padanya saat ini merupakan kelanjutan dari imunisasi yang pernah didapatnya saat usianya lebih kecil. Tenangkan anak dengan memberitahu bahwa imunisasinya saat kecil dulu berjalan dengan lancar, lantas sekarang mengapa mesti takut?

  • Berkenalan terlebih dahulu dengan petugas imunisasi

Anak akan merasa lebih nyaman jika ia mengenal atau mengetahui siapa yang akan menyuntiknya. Oleh karena itu, perkenalkan terlebih dahulu anak kepada dokter atau suster yang bertugas untuk mengimunisasi anak Anda.

  • Dampingi anak saat imunisasi dan berikan rasa nyaman

Rasa aman anak akan meningkat jika Anda mendampinginya saat diimunisasi. Berikan pelukan hangat untuk menenangkan dirinya. Selain itu, Anda juga dapat melakukan bimbingan untuk membaca doa sebelum dan saat imunisasi berlangsung.

Jika Anda tidak dapat mendampingi anak untuk melakukan imunisasi di sekolah, berikanlah dukungan saat ia masih berada di rumah. Anda juga dapat berkomunikasi kepada gurunya, agar guru tersebut dapat membantu memberikan rasa nyaman kepada anak saat di imunisasi.

(RS/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar