Sukses

ASI: Bayi Sehat, Anda Hemat

Selain sangat berperan untuk kesehatan bayi, ASI juga bermanfaat dari segi ekonomi. Ketahui selengkapnya berikut ini.

Air susu ibu (ASI) merupakan salah satu anugrah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Tak hanya memiliki komposisi dengan takaran yang tepat, ASI juga bebas dari kuman sehingga kebersihannya lebih terjaga.

Selain itu ASI juga mengandung antibodi yang tidak dimiliki oleh susu formula mana pun. Kandungan antibodi dalam ASI sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dari beberapa jenis penyakit.

Manfaat ASI untuk kesehatan bayi sudah tidak diragukan lagi. Berbagai penelitian membuktikan bahwa bayi yang mendapat ASI lebih jarang sakit dibandingkan dengan bayi yang mendapat susu formula.

Pemberian ASI menurunkan risiko bayi mengalami berbagai penyakit; seperti diare, sembelit, infeksi saluran napas, alergi susu sapi, infeksi saluran kemih, infeksi telinga, dan beberapa jenis infeksi lainnya. Bayi yang mendapat ASI eksklusif selama 6 bulan pertama juga memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kekurangan gizi –baik makro maupun mikro nutrien. Hal ini dapat terjadi karena produksi dan komposisi ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan bayi.

Selain sangat berperan untuk kesehatan bayi, ASI juga sangat bermanfaat dari segi ekonomi. Bagaimanapun juga Anda dapat memberikan ASI kepada bayi secara cuma-cuma, tanpa dipungut biaya.

Bagaimana dengan susu formula? Untuk membeli susu formula dan perlengkapannya, dibutuhkan biaya sekitar 6 hingga 15 juta setiap tahunnya. Tentunya ini akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi Anda. Pemberian ASI memungkinkan Anda untuk mengalokasikan biaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Kebaikan lainnya adalah biaya pengobatan yang juga dapat ditekan karena rendahnya risiko sakit pada bayi yang mendapat ASI.

Walaupun pemberian ASI tidak memerlukan biaya, bukan berarti kualitas ASI tidak sebaik kualitas susu formula yang dibeli dengan harga mahal. Sebaliknya, kualitas ASI jauh lebih baik dibandingkan susu formula jenis apapun. Oleh karena itu, berikan bayi ASI pada bayi Anda dan nikmati manfaatnya yang luar biasa. (NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar