Sukses

Benarkah Bayi Kuning Tidak Boleh Mendapat ASI?

Banyak beredar informasi yang mengatakan bahwa bayi kuning tidak boleh mendapatkan ASI. Benarkan demikian?

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah bayi kuning. Tapi tak banyak yang tahu penyebab hal tersebut. Bayi kuning disebabkan oleh kelebihan bilirubin –zat pada darah yang biasanya berjumlah sangat sedikit. Saat baru lahir, bilirubin dapat terbentuk dengan cepat dan dibuang melalui saluran pencernaan.

Masalah kuning ringan dapat terjadi pada hampir seluruh bayi baru –antara hari kedua atau ketiga setelah lahir. Hal ini tidak berbahaya dan dapat hilang pada usia dua minggu.

Bicara tentang bayi kuning, ada banyak informasi yang mengatakan bahwa bayi kuning tidak boleh mendapatkan ASI. Benarkah demikian? Perlu diketahui, ada dua jenis kuning yang dapat terjadi pada bayi. Pertama, terkait proses menyusui atau kuning akibat menyusui. Kedua, bayi kuning akibat ASI.

Kuning akibat menyusui dapat terjadi ketika bayi yang menyusui tidak mendapatkan ASI dalam jumlah cukup. Penyebabnya bisa karena masalah yang menghambat proses menyusui atau karena ASI ibu yang belum keluar.

Sementara itu kuning akibat ASI disebabkan karena zat pada ASI yang mencegah pengeluaran bilirubin dari tubuh bayi. Kuning akibat ASI ini dapat terjadi pada bayi sehat yang diberi ASI setelah berusia satu minggu. Kuning jenis ini tidak berbahaya dan dapat berlangsung selama satu bulan atau lebih. 

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Jika terjadi hal seperti ini, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya. Dokter spesiais anak akan memantau kadar bilirubiin melalui pemeriksaan darah. Selain itu, dokter anak juga akan mencoba menemukan apakah ada kemungkinan lain penyebab kuning yang terjadi pada bayi Anda.

Apabila kuning pada bayi terjadi karena menyusui, maka hal tersebut dapat ditangani dengan pemberian ASI lebih sering atau lebih lama agar kebutuhan bayi Anda tercukupi. Pemberian ASI yang cukup dapat membantu tuhuh bayi untuk mengeluarkan kelebihan bilirubin melalui darah. Anda memiliki masalah perlekatan mulut bayi pada payudara? Tenang saja. Anda bisa mengeluarkan ASI dengan tangan atau pompa untuk memastikan bayi mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup.

Untuk jenis kuning yang disebabkan oleh ASI, kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk mengganti ASI dengan susu formula. Namun biasanya ini hanya untuk sementara waktu. Tapi ingat, jangan mengganti ASI dengan susu formula kecuali memang disarankan oleh dokter. Anda harus yakin bahwa ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. Jadi meskipun bayi mengalami kuning, bukan berarti Anda harus berhenti menyusui.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar