Seks

Berapa Lama Durasi Normal Ejakulasi pada Pria?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 16 Okt 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Durasi dalam melakukan hubungan seksual sering menjadi momok yang menakutkan banyak orang. Jadi, berapa lama durasi normal ejakulasi pada pria?

Berapa Lama Durasi Normal Ejakulasi pada Pria?

Hubungan seksual dalam rumah tangga adalah perwujudan hubungan kasih dan emosional antar pasangan. Namun durasi dalam melakukan hubungan seksual disebut-sebut sebagai salah satu masalah yang sering menghantui.

Hal ini penting untuk dibicarakan setiap pasangan agar dapat bersama-sama mendapatkan kepuasan maksimal. Pertanyaannya, berapa lama waktu yang dianggap normal untuk ejakulasi?

Penelitian klinis yang bertujuan untuk mengukur durasi ejakulasi umumnya menggunakan istilah intravaginal ejaculation latency time (IELT). Ini adalah periode waktu yang dimulai dari terjadinya penetrasi oleh penis ke vagina hingga terjadinya ejakulasi.

Untuk menghitung waktu tersebut, para peneliti meminta pasangan untuk menggunakan stopwatch. Cara ini dianggap lebih akurat dibanding melakukan wawancara retrospektif atau meminta mereka untuk mengisi kuesioner.

Durasi Ejakulasi pada Pria

Salah satu uji klinis yang dilakukan untuk menentukan durasi ejakulasi rata-rata pada pria adalah oleh Waldinger et al, yang meneliti 500 pasangan heteroseksual dari 5 negara, yaitu Belanda, Inggris, Spanyol, Turki, dan Amerika Serikat.

Dari studi ini ditemukan bahwa angka IELT rata-rata dari 500 pasangan tersebut adalah 5.4 menit, dengan durasi yang berkisar antara 0.55 menit dan 44.1 menit.

Menariknya, para peneliti juga menemukan bahwa durasi berhubungan seksual ternyata berkurang dengan meningkatnya usia, dengan durasi rata-rata 6.5 menit pada pria muda (kelompok usia 18-30 tahun), dan 4.3 menit pada pria dewasa (kelompok usia di atas 51 tahun).

Pria sering kali merasa bahwa penggunaan kondom dapat menghilangkan ereksi karena berkurangnya sensitivitas penis. Namun penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada durasi rata-rata ejakulasi dengan atau tanpa penggunaan kondom. Sebagai tambahan, penelitian ini juga membuktikan bahwa status sirkumsisi pria tidak berpengaruh pada durasi rata-rata ejakulasi.

Lalu, bagaimanakah mengatasi ejakulasi dini agar kedua pasangan mendapatkan kepuasan maksimal? Beberapa pakar menyarankan para pria untuk melakukan olahraga otot dasar panggul, yang telah terbukti dapat memperpanjang durasi rata-rata ejakulasi.

(NB/RH)

EjakulasiPriaDurasi

Konsultasi Dokter Terkait