Sukses

Manfaat Ajaib Kedelai untuk Kecantikan Kulit

Selain menjadi sumber protein nabati yang baik, kedelai juga bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar makanan, seperti tahu, tempe, dan kecap. Kedelai umumnya berbentuk bulat lonjong, tetapi ada pula yang bundar atau bulat agak pipih.

Selain rasanya yang nikmat, kedelai juga terkenal sebagai sumber protein nabati yang sehat. Kedelai mengandung rendah lemak, tinggi serat, serta vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Kedelai pun memiliki zat isoflavon di dalamnya yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Berkat berbagai kandungan tersebut, kedelai dipercaya memiliki manfaat tersendiri bagi kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat kedelai untuk kulit yang perlu Anda tahu.

1 dari 4 halaman

1. Melembapkan Kulit

Manfaat kedelai untuk kulit yang pertama adalah sebagai pelembap. Kedelai kemungkin sangat bermanfaat bagi orang-orang yang mempunyai kulit kombinasi.

Terkadang kedelai juga disebut-sebut sebagai pelembap alami karena kemampuannya dalam melembapkan area kulit kering, sekaligus mengurangi kadar minyak di bagian tubuh lainnya.

Artikel Lainnya: Ini Dia Segudang Manfaat Susu Kedelai bagi Wanita

2. Mencegah Penuaan Dini

Seperti yang diketahui, saat usia bertambah, tubuh akan cenderung kehilangan estrogen, hormon penting yang mempertahankan elastisitas kulit.

Kedelai dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti perubahan warna kulit, keriput, garis-garis halus, dan lain-lain. Manfaat kedelai untuk kulit ini diperoleh dari salah satu kandungannya, yakni fitoestrogen.

Fitoestrogen yang ada di dalam kedelai dapat membantu menghasilkan lebih banyak estrogen dalam tubuh dan mencegah tanda-tanda penuaan.

2 dari 4 halaman

3. Mengencangkan Kulit

Salah satu manfaat kedelai untuk kecantikan adalah mengencangkan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki serat elastin. Serat dan kolagen akan membantu kulit Anda tetap kencang.

Kandungan vitamin A, Vitamin E, dan isoflavon yang terkandung di dalam kedelai akan membantu produksi kolagen dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, salah satu kandungannya, aglycones, berfungsi untuk meregenerasi sel-sel di kulit. Menurut sebuah studi di Jepang, konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai mampu mengurangi keriput pada wanita berusia 40 tahun ke atas.

Artikel Lainnya: 3 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Jantung

4. Mencegah Terjadinya Hiperpigmentasi  

Manfaat kedelai untuk kulit yang tak kalah mengejutkan adalah mampu mencegah terjadinya hiperpigmentasi atau noda hitam di kulit. Hiperpigmentasi terjadi akibat paparan sinar UV atau paparan radikal bebas sehingga produksi melanin berlebih.

Adanya kandungan antioksidan, seperti isoflavon dan tanin pada kedelai, ternyata dapat memberikan efek antiinflamasi, mencerahkan, serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

Kandungan yang ada pada kedelai ini juga mampu menghambat produksi melanin yang berlebihan sehingga mencegah munculnya noda hitam atau bintik hitam yang mengganggu di wajah.

3 dari 4 halaman

5. Membantu Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan nutrisi dalam kedelai mampu menghasilkan kolagen. Nah, karena produksi kolagen inilah manfaat kedelai untuk kulit bisa membantu memperbaiki teksturnya.

Jadi, karena membantu produksi kolagen dan menjaga elastisitas kulit, maka kedelai juga mampu memperbaiki tekstur kulit seseorang. Kulit pun akan tampak lebih halus, kerutan berkurang, dan pori-pori tampak mengecil.

Artikel Lainnya: Manfaat Kedelai untuk Kesehatan Tubuh Anda

6. Meredakan Peradangan atau Kemerahan pada Wajah

Peradangan atau kemerahan pada wajah, misalnya akibat terbakar sinar matahari dapat diredakan oleh kedelai. Manfaat kedelai untuk kulit ini diperoleh dari salah satu kandungan kedelai yang bersifat antiinflamasi.

Adanya asam linoleat (linoleic acid) pada kedelai juga membantu menjaga barier wajah terjaga sehingga kulit tidak kering dan tak mudah mengalami iritasi.

Manfaat kedelai untuk kulit di atas bisa Anda nikmati dengan cara mengonsumsi langsung sumber makanan olahan kedelai, ataupun dengan menggunakan produk kecantikan yang memiliki kandungan kedelai di dalamnya, misalnya dalam bentuk pelembap atau masker.

Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri masker kedelai untuk kulit. Manfaat masker kedelai untuk kulit tak kalah baiknya, lho, dengan konsumsi secara langsung atau penggunaan produk yang mengandung ekstrak kedelai.

Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan kedelai kering yang sudah ditumbuk halus, setelah itu tambahkan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Gunakanlah pasta kedelai ini di wajah selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Ternyata cukup banyak, ya, manfaat kedelai untuk kulit Anda. Kedelai tak hanya dimanfaatkan sebagai sumber protein saja, di balik itu rupanya kedelai memiliki segudang manfaat, terutama untuk kesehatan kulit.

Informasi menarik lainnya seputar kesehatan kulit dapat Anda peroleh hanya di aplikasi KlikDokter. Konsultasikan juga masalah kesehatan Anda kepada dokter secara langsung melalui layanan Live Chat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar