Sukses

Mengatasi Peradangan Payudara

Menyusui memiliki berjuta kebaikan bagi ibu dan bayi. Namun, hal baik ini tak selalu berjalan mulus. Beberapa gangguan kerap dialami para ibu. Salah satunya adalah peradangan payudara.

Saat menjalankan masa menyusui, sering kali para ibu diresahkan dengan munculnya peradangan payudara. Gangguan yang dikenal juga dengan istilah mastitis ini terjadi akibat infeksi.

Mastitis ditandai dengan benjolan atau bengkak pada payudara yang terasa nyeri, hangat/panas, dan kemerahan. Beberapa gejala seperti demam, lemas, mual, dan muntah  juga seringkali muncul. Selain itu, Anda juga akan menemukan adanya cairan kekuningan -menyerupai kolostrum yang keluar dari puting.

Peradangan payudara biasanya terjadi pada salah satu payudara. Penyebabnya dapat berupa sumbatan saluran ASI yang tidak diatasi dengan segera. Lecet pada puting yang terjadi berulang-ulang dan tidak segera diatasi juga dapat menjadi faktor penyebab peradangan payudara. Sebagian besar kasus seperti ini tidak sembuh dengan sendirinya. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari dokter.

Jika mengalami gejala peradangan payudara, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai penanganan awal di rumah:

  1. Gunakan bra yang tidak tepat. Penggunaan bra yang tertalu ketat dapat menyempitkan saluran susu.
  2. Kompres daerah yang meradang dengan kompres hangat.
  3. Menyusuilah lebih sering pada sisi yang sedang sakit. Tujuannya agar aliran susu lancar dan payudara tidak terisi terlalu penuh.
  4. Pijat daerah yang sakit mulai dari belakang area yang sakit dengan menggunakan jari. Lakukan dengan gerakan memutar ke arah payudara.
  5. Beristirahatlah lebih sering. Ini dapat membantu mempercepat penyembuhan. Seringkali penyumbatan saluran susu terjadi akibat terlalu lelah.

Jika Anda tidak merasakan adanya perubahan dalam waktu 24 jam setelah melakukan langkah di atas, segera berkonsultasi dengan dokter. Segera berobat ke dokter jika kedua payudara terinfeksi, ada nanah atau darah dalam ASI, ada garis merah disekitar daerah payudara yang mengalami nyeri. Apabila Anda merasa gejala peradangan payudara juga makin memburuk dan datang secara tiba-tiba, jangan tunda untuk menemui dokter.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar