Sukses

Benarkah Ibu Bekerja Tak Akan Memiliki Anak yang Sukses?

Sebagian orang berpikir bahwa anak yang memiliki ibu bekerja cenderung tidak sukses. Benarkah?

Bagi para ibu, meninggalkan anak untuk bekerja bukanlah hal yang mudah. Keinginan untuk dapat selalu mendampingi anak sekaligus berkarier memang dua pilihan yang sulit. Bahkan beberapa ibu bekerja menilai diri sebagai ibu yang buruk karena kerap meninggalkan anaknya.

Namun ada penelitian yang berkata sebaliknya. Ibu yang bekerja justru dapat memberi dampak baik bagi kesuksesan masa depan anak- anaknya. Penelitian yang dilakukan oleh Harvard Bussiness School melibatkan sekitar 3000 orang dari 24 negara. Tujuannya adalah untuk membandingkan anak- anak dari ibu bekerja dan tidak bekerja.

Dulu, sebagian besar orang berpikir bahwa anak dari ibu bekerja sering kali kehidupannya tidak berhasil karena banyak diabaikan. Namun penelitian ini membuktikan hasil sebaliknya. Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa anak perempuan dari seorang ibu yang bekerja cenderung memiliki karier yang lebih sukses, posisi di pekerjaan yang tinggi, dan pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan anak- anak yang ibunya tidak bekerja.  Pada anak laki- laki, mereka yang memiliki ibu bekerja akan memiliki rasa sayang terhadap keluarga yang lebih tinggi dibanding anak yang memiliki ibu tak bekerja.

Mengapa Demikian?

Ada beberapa hal yang diperkirakan member pengaruh positif pada anak- anak yang memiliki ibu bekerja:

  1. Anak lebih dapat melihat peran ayah di rumah. Ayah adalah panutan bagi anak -terutama untuk anak laki- laki. Saat ibu bekerja, peranan Ayah yang turut membantu pekerjaan rumah membuat anak laki- lakinya mencontoh dan kemudian menerapkan sikap tersebut pada dirinya.
  2. Ibu bekerja memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah. Kondisi ini membuat ibu bekerja bisa lebih tenang dan fokus ketika menjalankan peran sebagai ibu di rumah.
  3. Anak dengan ibu bekerja cenderung lebih mandiri dan tertantang untuk melakukan lebih banyak hal.

Meski demikian, hasil penelitian ini bukan merupakan jaminan bahwa semua anak yang memiliki ibu bekerja pasti memiliki karir yang lebih sukses di masa mendatang. Begitu juga sebaliknya. Anak- anak yang ibunya sepenuhnya di rumah tak berarti akan memiliki masa depan yang lebih redup.

Toh, semua ini kembali lagi pada proses didikan dan pengasuhan orangtua. Ibu bekerja ataupun tidak bekerja memang pilihan. Namun yang jauh lebih penting adalah pemilihan cara mendidik yang tepat dan bagaimana menciptakan waktu berkualitas bersama anak.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar