Sukses

SPF Lotion yang Tepat untuk Keluarga

Liburan bersama keluarga tentu menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu. Salah satu lokasi wisata favorit adalah wisata air. Entah itu di pantai atau sekedar bermain air di kolam renang.

Namun di balik segala kesenangan itu, ada bahaya yang mengintai! Radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari, terutama di area wisata air, dapat dengan mudah menyebabkan terjadinya sunburn.

Belum lagi efek jangka panjang seperti penuaan dini dan meningkatnya risiko kanker kulit. Air dan pasir dapat memantulkan sinar matahari, sehingga intensitas pajanan sinar matahari menjadi meningkat. Jadi tak hanya mendapat sinar matahari langsung ke kulit, tapi Anda juga mendapat tambahan radiasi UV dari sinar matahari yang dipantulkan oleh air atau pasir.

Nah, bagaimana caranya agar kulit tetap terjaga dari sinar matahari?

Biasakan untuk menggunakan SPF lotion. SPF lotion adalah produk yang terdiri dari berbagai bahan yang membantu melindungi kulit dari radiasi UV sinar matahari.

Kemampuan proteksi SPF lotion diketahui dari beberapa kriteria, yakni:

  • Kadar SPF (Sun Protection Factor)

Angka SPF menunjukkan tingkat kemampuan SPF lotion dalam memberikan perlindungan. Misalnya, SPF lotion dengan kandungan SPF 24 dapat memberikan perlindungan kulit terhadap sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan kulit tanpa SPF lotion.

  • Broad Spectrum

Berdasarkan rekomendasi internasional, SPF lotion yang baik adalah SPF lotion yang memiliki kadar SPF minimal 24, bersifat broad spectrum, dan bersifat water resistance. Broad spectrum merupakan kemampuan proteksi SPF lotion pada kedua jenis radiasi UV, yaitu UVA dan UVB. Kriteria inilah yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih SPF lotion bagi keluarga Anda.

Untuk memaksimalkan proteksi, gunakan paling sedikit dua sendok makan (atau kurang lebih seukuran bola golf) SPF lotion ke seluruh permukaan tubuh. Oleskan juga pada telinga dan tengkuk. Pastikan Anda mengoleskan ulang setiap dua jam. Hal yang sama sebaiknya Anda lakukan juga setelah keluar dari air atau setelah banyak berkeringat. Pakai SPF lotion 30 menit sebelum Anda mulai beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, gunakan SPF lotion yang water resistance ketika Anda dan keluarga melakukan aktivitas air. Untuk aktivitas yang tidak bersinggungan langsung dengan air, cukup menggunakan SPF lotion dengan kandungan SPF minimal 24. (RS)

0 Komentar

Belum ada komentar