Sukses

Sudah Pakai Payung, Masihkah Perlu SPF?

Sebagian orang mengira payung dapat melindungi diri mereka sepenuhnya dari sinar matahari. Apakah faktanya memang demikian?

Salah satu perlindungan dari sinar matahari yang dapat kita pilih adalah menggunakan payung. Payung mudah didapat, memiliki banyak pilihan warna menarik, dan beberapa cukup praktis untuk dibawa dalam tas.

Meski payung dapat membantu melindungi dari sinar matahari, Anda perlu tahu bahwa tidak semua payung memberikan efek proteksi yang sama. Efek proteksi ini sangat bergantung dari beberapa hal, contohnya: bahan, warna, dan lebar payung. Semakin tebal bahan, semakin gelap warna, dan semakin lebar payung akan memberi efek proteksi yang lebih baik.

Namun selain faktor payung itu sendiri, yang perlu diperhatikan juga adalah lingkungan sekitar. Faktor lingkungan dapat meningkatkan pajanan sinar matahari terhadap kulit. Air, salju, kaca, atau pasir dapat memantulkan sinar matahari sehingga di bawah payung pun radiasi ultraviolet tetap ada. Dengan demikian sinar matahari tetap dapat mengenai kulit walaupun tidak secara langsung.

Jadi sekalipun Anda sudah memakai payung, gandakan proteksinya dengan mengaplikasikan SPF lotion. Penggunaan SPF lotion akan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Banyaknya pilihan produk di pasaran memungkinkan Anda untuk memilih pelembap dengan SPF lotion. Dengan menggunakan satu jenis pelembab, Anda mendapatkan keuntungan lebih berupa kulit sehat yang lembap dan halus sekaligus terlindung dari radiasi ultraviolet.

Satu lagi, disarankan untuk menggunakan SPF lotion dengan kandungan SPF minimal 24. Oleskan ulang setiap 2-4 jam bila Anda banyak beraktivitas di luar ruangan. (RS)

0 Komentar

Belum ada komentar