Sukses

Perlukah SPF Lotion Bila Berhijab?

Hijab dapat menjadi pelindung kulit dari sengatan sinar matahari. Tapi, benarkah memakai hijab berarti tidak perlu lagi menggunakan SPF lotion?

Pakaian dan hijab merupakan salah satu bentuk perlindungan agar sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Meski demikian ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian agar kita tetap dapat beraktivitas di bawah sinar matahari dengan aman.

Hijab merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama. Sesuai dengan arti namanya, “hijab” dalam bahasa Arab berarti “penghalang”. Dalam hal ini, hijab juga dapat menjadi penghalang agar sinar matahari tidak langsung mengenai kulit. Sebab semakin banyak bagian kulit yang Anda tutupi (lindungi) dari matahari, maka akan semakin baik. Namun tidak semua jenis bahan kain hijab sama, hal inilah yang membedakan kemampuannya dalam menghalangi sinar matahari.

Kain terbuat dari serat halus yang saling berjalin. Kerapatan serat kain akan memengaruhi pajanan sinar matahari. Semakin rapat jalinannya, celahnya juga semakin kecil sehingga semakin sedikit sinar yang mampu menembus dan mencapai kulit. Misalnya perbedaan antara kain dari bahan sifon dan denim —bahan denim mampu lebih menahan sinar matahari dibandingkan dengan bahan sifon yang memiliki jalinan serat lebih renggang.

Serat penyusun kain juga berbeda-beda. Ada yang terbuat dari serat katun, wol, nilon, poliester, lycra, dan sebagainya. Serat yang bersifat elastis cenderung menahan sinar lebih baik dibanding serat lainnya. Sebab tarikan pada serat elastis akan menarik serat sekitarnya menjadi lebih rapat. Serat sintetis seperti poliester, lycra, dan nilon juga memiliki kemampuan proteksi yang lebih baik dari serat alami seperti katun. Demikian juga serat yang berkilap, serat ini akan memantulkan lebih banyak sinar sehingga tidak banyak sinar yang mencapai kulit.

Selain jenis serat dan kerapatannya, warna kain juga memengaruhi efek proteksi. Warna gelap akan menyerap sinar lebih banyak dibandingkan dengan warna terang, sehingga akan mengurangi pajanan sinar matahari ke kulit.

Untuk memaksimalkan perlindungan dari sinar matahari –meski Anda memakai hijab– sebaiknya gunakan tabir surya. Pilih SPF lotion dengan kandungan SPF minimal 24 yang memberikan 96% perlindungan dari sinar matahari, dan aplikasikan ulang setiap 2-4 jam bila sedang berada di luar ruangan. (RS)

0 Komentar

Belum ada komentar