Sukses

5 Manfaat Menyusui bagi Ibu

Tidak hanya memberi manfaat bagi bayi, menyusui juga memberikan banyak manfaat bagi ibu. Apa saja manfaat menyusui bagi ibu? Berikut selengkapnya dari dr. Reza Fahlevi.

Tidak hanya memberi manfaat bagi bayi, menyusui juga memberikan banyak manfaat bagi ibu. Manfaat yang diberikan meliputi berbagai aspek, seperti ekonomi, kesehatan, dan psikologis.

Berikut penjelasannya.

  1. Menyusui menghemat biaya

ASI dapat Anda berikan dengan cuma-cuma kepada bayi Anda. Hal ini dapat menghemat pengeluaran biaya bila dibandingkan dengan pemberian susu formula. Membeli susu formula dan perlengkapannya membutuhkan biaya sekitar 6 hingga 15 juta setiap tahunnya, tergantung berapa banyak kebutuhan bayi Anda. Selain itu, bayi yang diberikan ASI juga akan lebih jarang sakit sehingga biaya kesehatan yang dibutuhkan lebih rendah.

  1. Menyusui bermanfaat bagi kesehatan ibu

Menyusui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti:

  • Kanker payudara.
  • Kanker ovarium (indung telur).
  • Depresi setelah melahirkan.
  • Diabetes tipe 2 (penyakit gula darah).

Saat ini, para ahli juga sedang mencari bukti manfaat menyusui dalam mencegah osteoporosis dan membantu penurunan berat badan setelah melahirkan. Berbagai penelitian melaporkan bahwa ibu yang menyusui mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Namun demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan hal tersebut.

  1. Menyusui membuat hidup Anda lebih mudah

Pada awalnya, menyusui membutuhkan sedikit usaha dibandingan memberikan susu formula. Namun menyusui akan menjadi lebih mudah ketika Anda dan bayi telah berada dalam sebuah rutinitas yang teratur. Jika menyusui, Anda tidak perlu melakukan pembersihan botol susu ataupun dot. Selain itu, Anda juga tidak perlu membeli, menakar, dan mencampur susu formula dengan air. Anda pun tidak perlu menghangatkan botol susu di tengah malam.

  1. Menyusui terasa menyenangkan

Kontak fisik merupakan hal penting bagi bayi. Hal ini akan membantu bayi merasa lebih aman, hangat, dan nyaman. Ibu juga dapat merasakan manfaat dari kedekatan ini. Menyusui membantu ibu memiliki waktu yang berkualitas untuk menjalin hubungan dengan bayi secara tenang dan santai. Kontak kulit ibu ke kulit bayi dapat merangsang peningkatan kadar hormon oksitosin pada ibu. Hormon oksitosin merupakan zat yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membantu pengeluaran ASI dan dapat menenangkan pikiran.   

  1. Waktu kerja tidak banyak hilang

Anak yang mendapatkan ASI akan lebih jarang sakit, sehingga waktu kerja ibu tidak bayak hilang akibat cuti/izin untuk mengurus anak yang sakit.

Selain hal di atas, tentunya masih banyak lagi manfaat yang akan diperoleh ibu sebagai manfaat dari menyusui. Hal ini pastinya akan membuat Anda semakin tertarik untuk menyusui bayi, bukan? [NB]

0 Komentar

Belum ada komentar