Sukses

Tanda Bahwa Bayi Sudah Menyusu dengan Tepat

Jika Anda pertama kali memiliki bayi, mungkin sulit untuk memastikan apakah bayi sudah menyusui dengan tepat. Untuk memudahkan Anda, yuk baca artikel berikut dari dr. Anita Amalia.

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif adalah makanan yang terbaik bagi bayi Anda yang baru lahir.

Dengan kelengkapan gizinya yang tidak dapat ditiru oleh susu formula, disertai sifatnya yang ekonomis dan praktis, membuatnya menjadi pilihan yang paling tepat sebagai asupan makanan sang bayi dalam 6 bulan pertama kehidupannya di dunia.

Agar konsumsi ASI bayi optimal, maka cara bayi menyusui haruslah benar. Selain agar jumlah ASI yang dikonsumsi bayi mencukupi dan bayi merasa kenyang serta puas, cara bayi menyusui (perlekatan/latch-on) yang tepat juga mencegah puting tergigit yang kemudian dapat menimbulkan luka.

Terutama bagi Anda yang baru pertama kali memiliki bayi, mungkin sulit untuk memastikan apakah perlekatan bayi menyusui sudah benar. Jangan khawatir, Anda dapat berpedoman pada tanda-tanda berikut untuk memastikan bahwa bayi sudah menyusui pada posisi yang benar:

  • Seluruh bagian puting dan hampir semua area areola ibu masuk ke dalam mulut bayi. Adapun lebih banyak areola bagian atas yang terlihat dibandingkan areola bagian bawah.
  • Bibir atas dan bawah bayi membuka lebar, dengan dagu menempel pada payudara ibu.
  • Seluruh tubuh bayi menempel pada ibu.
  • Tidak terasa nyeri saat bayi menyusui. Bila saat menyusui puting terasa nyeri, maka dicurigai cara menyusui bayi belum tepat.
  • Tidak terdengar bunyi mengisap atau berdecak, tetapi yang terdengar adalah sesekali suara meneguk.
  • Saat bayi selesai menyusui, puting tidak mendatar atau berubah bentuk.
  • Bayi merasa kenyang atau puas, yang ditandai dengan bayi tampak tenang, jemari terbuka, atau langsung tertidur.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para ibu adalah hanya memasukkan puting ke dalam mulut bayi, sementara seharusnya hampir seluruh areola masuk ke dalam mulut bayi. Bila hanya puting yang masuk ke dalam mulut bayi, maka puting rentan untuk tergigit, sehingga sering terjadi rasa nyeri bahkan luka pada puting, yang mempersulit proses menyusui selanjutnya. Lecet pada puting juga dapat menjadi awal iritasi pada payudara. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda menemukan tanda-tanda di atas saat menyusui bayi Anda.

Selamat menyusui! [RS]

0 Komentar

Belum ada komentar