Sukses

Inilah Penyebab Kematian Mendadak Usia Muda

Penyakit jantung diduga menjadi penyebab meninggalnya Mike Mohede. Sebenarnya, apa yang melatarbelakangi penyakit jantung pada usia muda? Simak selengkapnya berikut ini.

Berkaca pada tragedi yang baru saja menimpa Mike Mohede –salah satu penyanyi yang meninggal di usia muda– menimbulkan pertanyaan ‘Apa sebenarnya yang menjadi penyebab hal ini?’, ‘Benarkah penyakit jantung dapat menyerang usia muda?’

Berdasarkan data yang dimiliki American Heart Association (AHA), penyakit jantung terbukti menjadi penyebab tersering kematian mendadak (sudden death).

Setidaknya, penyakit jantung ini mengambil porsi 70% dari keseluruhan kematian mendadak yang terdata di Amerika, yang sebagian besar mengenai orang yang sudah lanjut usia. Namun demikian, bukan berarti golongan usia muda dapat terlepas dari intaian kematian mendadak ini.

Dari 350.000 kematian mendadak di Amerika akibat penyakit jantung, sebanyak 4000-nya adalah orang yang berusia di bawah 35 tahun (CDC, 2002). Angka ini terus bertambah dari waktu ke waktu.

Hal ini sangat berbahaya. Pasalnya, golongan usia muda sering kali terlena dengan gaya hidup yang sebenarnya merusak kesehatan mereka sendiri. “Masih muda, hidup masih panjang” –begitu pendapat sebagian orang. Ketahuilah, pada beberapa kasus fakta justru berbicara sebaliknya.

Mengapa usia muda bisa terkena penyakit jantung?

Kematian mendadak akibat jantung tidak lepas dari 2 faktor, yaitu faktor yang tidak dapat dimodifikasi dan faktor yang dapat dimodifikasi.

Faktor genetik dan usia merupakan faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi. Jika pada orangtua atau anggota keluarga lain terdapat riwayat meninggal mendadak di usia muda, dokter mungkin akan menyarankan serangkaian pemeriksaan untuk melihat faktor risiko yang ada pada Anda.

Namun di luar itu, banyak faktor lain yang sangat mungkin untuk dimodifikasi sehingga risiko penyakit jantung dapat dihindari. Salah satunya adalah gaya hidup.

Gaya hidup seperti apa saja yang berbahaya untuk kesehatan jantung?

  • Pola makan tidak sehat

Makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi, seperti makanan cepat saji, dapat memberikan akibat yang sangat buruk bagi kesehatan jantung. Timbunan lemak dan kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan total di jantung, bahkan pada usia muda.

  • Kurang aktivitas fisik

Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Dua kondisi ini dapat menyebabkan penyakit jantung pada usia muda.

  • Merokok

Rokok dapat merusak dinding pembuluh darah, sehingga mengakibatkan aliran darah terhambat dan meningkatkan risiko penyakit jantung berkali lipat.

  • Obesitas

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko terbesar penyakit jantung. Obesitas dapat menyebabkan kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi serta tekanan darah yang meningkat.

  • Stres dan kelelahan

Tubuh merespon stres dengan mengeluarkan senyawa kimia yang dapat memicu penyakit jantung. Seringnya stres akan berakibat pada semakin tingginya risiko penyakit jantung.

  • Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu di luar anjuran dokter, seperti kokain, amphetamine, atau obat-obatan jenis lainnya dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung.

Bila gaya hidup tersebut ada pada diri Anda, berusahalah untuk segera mengubahnya. Ingatlah, tidak ada yang bisa merubah takdir kecuali diri Anda sendiri. Sayangi jantung Anda mulai saat ini juga!

0 Komentar

Belum ada komentar