HomeIbu Dan anakIbu MenyusuiCara Efektif Atasi Sumbatan Saluran ASI
Ibu Menyusui

Cara Efektif Atasi Sumbatan Saluran ASI

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 24 Mar 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Salah satu masalah yang sering timbul saat masa menyusui adalah tersumbatnya saluran ASI. Tapi tenang, ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Efektif Atasi Sumbatan Saluran ASI

Air Susu Ibu (ASI) memiliki sejumlah manfaat bagi bayi. Zat gizi dan nutrisi lengkap yang terkandung di dalam ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi, khususnya pada enam bulan pertama. ASI pun mengandung zat antibodi yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Tak hanya itu, menyusui dapat meningkatkan ikatan kasih sayang atau bonding antara ibu dan anak. Meskipun pada faktanya, proses menyusui kadang tersendat oleh sejumlah kondisi. Salah satu yang paling sering terjadi adalah sumbatan saluran ASI.

Sumbatan saluran ASI merupakan kondisi ketika aliran ASI menjadi tidak lancar akibat masalah pada salurannya. Hal ini kerap disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran ASI. Gejalanya berupa bengkak pada area tertentu di payudara dan rasa nyeri pada payudara.

Saluran ASI yang tersumbat dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan menghambat proses menyusui. Oleh karenanya, ketahuilah beberapa cara mengatasi saluran ASI yang tersumbat berikut ini:

1. Pijat Area yang Tersumbat

Untuk melancarkan ASI yang tersumbat, caranya bisa dengan melakukan pemijatan di area payudara, khususnya yang mengalami sumbatan. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Mulailah memijat dari belakang (pangkal payudara) ke arah puting.
  • Anda dapat memijat dengan gerakan melingkar.
  • Lakukan bergantian pada payudara lain jika mengalami masalah ASI tersumbat.

Tahapan-tahapan di atas diharapkan dapat membantu mengatasi ASI yang tersumbat.

Artikel Lainnya: Kualitas ASI Perah Tak Sebaik ASI yang Diberikan Langsung?

2. Kompres

Mengaplikasikan kompres hangat pada bagian yang terasa nyeri bisa menjadi cara mengatasi saluran ASI yang tersumbat. Langah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Persiapkan kain yang telah dibasahi oleh air hangat.
  • Kompres payudara yang bengkak selama 20 menit.
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Kompres hangat bermanfaat dalam membuka saluran yang tersumbat dan membantu melancarkan aliran ASI.

3. Mandi Air Hangat

Selain dapat mengatasi saluran ASI yang tersumbat, mandi air hangat juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih rileks.

Saat Anda berendam atau mandi dengan air hangat, saluran ASI yang tersumbat akan lebih terbuka sehingga aliran yang tadinya tersumbat akan lebih lancar.

Artikel Lainnya: Bunda, Ketahui Perbedaan Warna ASI Berikut Ini Beserta Artinya

4. Menyusui Lebih Sering pada Payudara yang Tersumbat

Salah satu pencetus saluran ASI tersumbat adalah payudara yang tidak dikosongkan secara rutin. Oleh sebab itu, cara efektif untuk mengosongkan payudara adalah dengan menyusui secara langsung.

Hisapan bayi sangat efektif untuk mengosongkan payudara. Tindakan ini juga dapat membantu melonggarkan sumbatan, sehingga bisa mengatasi ASI yang tersumbat. ASI pun dapat mengalir dengan lebih lancar.

5. Perbaiki Posisi Menyusui

Anda juga perlu memperhatikan posisi bayi saat menyusui guna mengatasi masalah ASI tersumbat ini. Cara untuk mendapatkan posisi menyusui yang baik adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memegang bayi dalam posisi nyaman.
  • Duduk dengan tegak, pastikan juga bahu Anda rileks.
  • Posisikan bayi lurus menghadap payudara ibu.
  • Kemudian, arahkan dagu dan hidung bayi ke area payudara yang lebih bengkak.

Posisi Anda menyusui yang diperbaiki akan memudahkan saluran ASI di daerah tersebut lebih longgar sehingga risiko ASI yang tersumbat dapat dikurangi.

Artikel Lainnya: Bunda, Inilah Pentingnya Posisi Menyusui yang Benar

6. Gunakan Bra yang Sesuai dan Tidak Terlalu Ketat

Saat menyusui, secara fisiologis payudara akan bertambah besar. Karena itu, sesuaikan ukuran bra dengan ukuran payudara Anda selama menyusui. Bila perlu, gunakan bra khusus menyusui.

Penggunaan pakaian yang terlalu ketat dapat mempersempit rongga dada dan saluran ASI sehingga bisa menyumbat saluran ASI. Karena itu, jika Anda ingin mengeluarkan ASI yang tersumbat, salah satunya caranya adalah dengan menghindari pakaian jenis ini.

7. Istirahat Cukup

Sering kali, sumbatan saluran ASI merupakan salah satu tanda bahwa ibu mengalami kelelahan.

Karena itu, ambillah waktu untuk beristirahat untuk mengatasi masalah saluran ASI yang tersumbat.

Jika memiliki masalah ASI yang tersumbat, Anda dapat melakukan beberapa cara di atas selama beberapa hari. Akan tetapi, apabila gejala tidak membaik atau malah semakin berat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter seputar produksi ASI dan masalah menyusui lainnya melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

ASI

Konsultasi Dokter Terkait