Sukses

5 Cara Efektif Atasi Sumbatan Saluran ASI

Salah satu masalah yang sering timbul saat masa menyusui adalah sumbatan saluran ASI. Namun Anda tidak perlu khawatir. Berikut 5 cara efektif atasi sumbatan saluran ASI dari dr. Reza Fahlevi.

Setelah melahirkan, masa menyusui merupakan salah satu hal yang paling membahagiakan bagi seorang ibu. Saat menyusui, ibu mendapatkan kesempatan untuk memberikan nutrisi yang begitu spesial bagi sang buah hati.

Tahukah ASI begitu spesial?

Air Susu Ibu (ASI) mengandung nutrisi dengan komposisi yang sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan bayi. Selain itu, ASI juga mengandung zat antibodi yang sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Hal inilah yang menyebabkan para ibu berlomba-lomba memberikan ASI kepada buah hatinya.

Namun demikian, beberapa masalah kerap terjadi pada ibu yang sedang menyusui. Salah satunya adalah sumbatan saluran ASI.

Apa itu sumbatan saluran ASI?

Sumbatan saluran ASI akan menyebabkan benjolan yang terasa nyeri pada payudara sang ibu. Meskipun demikian, sumbatan saluran ASI ini tidak disertai gejala demam atau gejala lainnya.

Sumbatan saluran ASI terjadi ketika adanya peradangan pada saluran susu yang tidak mengalir dengan lancar. Biasanya, sumbatan saluran ASI ini hanya terjadi pada satu sisi payudara saja. Hal ini tentunya akan mengganggu proses menyusui.

Bagaimana cara mengatasinya?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi sumbatan saluran ASI, yakni:

  1. Pijat pada area yang tersumbat.

Pijatan dimulai dari belakang bagian yang nyeri ke arah puting. Gunakan jari Anda untuk memijat dengan gerakan melingkar.

  1. Gunakan kompres hangat pada bagian yang terasa nyeri.

Hal ini bermanfaat untuk membantu mengurangi rasa nyeri, sehingga memberikan rasa nyaman pada payudara Anda.

  1. Menyusuilah lebih sering pada payudara yang mengalami penyumbatan.

Hal ini akan membantu melonggarkan sumbatan dan menjaga agar ASI dapat mengalir dengan lancar.

  1. Gunakan bra yang sesuai dan tidak terlalu ketat.

Saat hamil dan menyusui, payudara akan bertambah besar. Oleh karena itu, sesuaikan ukuran bra dengan ukuran payudara Anda selama masa menyusui. Penggunaan bra yang tertalu ketat dapat mempersempit saluran susu, sehingga dapat memicu sumbatan saluran ASI.

  1. Bersantai dan beristirahatlah lebih sering.

Sering kali, sumbatan saluran susu merupakan tanda awal bahwa ibu terlalu lelah. Inilah alasan mengapa istirahat sangat penting untuk mempercepat penyembuhan sumbatan saluran ASI.

Setelah menerapkan beberapa tips di atas namun keluhan belum juga hilang, segeralah bawa diri Anda untuk berkonsultasi dengan dokter atau konsultan ASI. Pasalnya, sumbatan saluran ASI dapat menyebabkan infeksi payudara sehingga hal ini tidak boleh disepelekan. [NB]

Baca juga:

0 Komentar

Belum ada komentar