Sukses

Saatnya Lawan Hepatitis dengan Gerakan “NOhep”

Setiap tahunnya, tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia, dan tema yang diangkat tahun ini adalah eliminasi hepatitis. Sejauh manakah kesiapan negara kita untuk mengeliminasi hepatitis?

Tahun 2016 merupakan tahun yang sangat penting dalam tata laksana hepatitis virus di dunia. Saat World Health Assembly diadakan pada Mei 2016, negara-negara anggota World Health Organization (WHO) memiliki target untuk mengeliminasi hepatitis sebagai ancaman kesehatan masyarakat pada tahun 2030.

Hal ini merupakan pertama kalinya ditentukan kesepakatan mengenai eliminasi hepatitis virus oleh pemerintah kenegaraan.

Saat ini, sekitar 400 juta individu di dunia mengidap infeksi hepatitis virus, dan, dari epidemi yang terjadi, setiap orang memiliki risiko tertular infeksi hepatitis. Diperkirakan bahwa 95% orang dengan hepatitis virus tidak mengetahui bahwa dirinya terinfeksi, yang disebabkan oleh sulitnya akses terhadap layanan diagnostik yang kurang terjangkau dan fasilitas laboratorium yang kurang memadai di banyak negara. Kurangnya tingkat pengetahuan masyarakat mengenai hepatitis dan terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan dapat berarti bahwa populasi masyarakat yang terinfeksi tidak mendapatkan tata laksana yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, dalam rangka merayakan momen bersejarah tersebut serta untuk membantu menegakkan komitmen yang disepakati, tema dari Hari Hepatitis Sedunia 2016 adalah eliminasi (NOhep). Ini dapat diterapkan pada skala lokal, nasional, maupun internasional. Untuk mencapai tahap eliminasi, beberapa strategi penting yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat, akses terhadap fasilitas kesehatan dan diagnostik, serta kesediaan intervensi atau tata laksana yang sesuai.

Beberapa strategi kunci yang dapat diterapkan untuk membantu mencapai eliminasi hepatitis adalah meningkatkan cakupan program imunisasi untuk hepatitis, meningkatkan fokus dalam pencegahan penularan hepatitis dari ibu ke anak (prevention of mother-to-child transmission), memastikan keamanan proses menyuntik, pembedahan, dan pengelolaan darah, menerapkan layanan harm reduction, serta menyediakan layanan diagnostik dan tata laksana hepatitis yang terjangkau bagi masyarakat.

Dalam rangka mengeliminasi hepatitis, NOhep yang merupakan gerakan eliminasi global, telah diluncurkan sebagai fasilitas untuk masyarakat agar dapat berperan dalam memastikan bahwa komitmen global yang telah disepakati dapat tercapai pada tahun 2030. Caranya mudah! Anda dapat mendaftar melalui situs www.NOhep.org dan mengunggah aktivitas yang dilakukan oleh komunitas Anda dalam rangka mengeliminasi hepatitis, serta dapat melihat beragam aktivitas yang dilakukan oleh komunitas lain di seluruh dunia.

Baca juga: 

0 Komentar

Belum ada komentar