Sukses

Mengintip Sistem Pendidikan Terbaik Dunia, Finlandia

Pendidikan selalu identik dengan belajar di sekolah. Padahal di Finlandia – Negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia – tidaklah demikian. Yuk, intip kunci sukses sistem pendidikan terbaik dunia.

Finlandia merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.  Angka kelulusan sekolah menengah atas (SMA) di Finlandia adalah sebesar 93%.

Angka tersebut lebih tinggi daripada angka kelulusan SMA di Canada, yaitu sebesar 78%, dan angka kelulusan di Amerika Serikat 75%. Sebanyak 2 dari 3 pelajar di Finlandia pasti akan berkuliah, dan angka ini merupakan angka tertinggi di Benua Eropa.

Pelajar Finlandia mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan negara lainnya untuk PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2006. Bahkan angkanya berbanding sangat jauh dengan angka yang didapatkan di negara lainnya.

Sistem Pendidikan Terbaik Dunia, Finlandia

Sebagai orangtua, memilih pendidikan terbaik untuk anak sangatlah penting. Sering kali para orangtua kebingungan memilih sekolah terbaik untuk anaknya. Finlandia, sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik dunia, memiliki beberapa cara yang berbeda dari sistem pendidikan di negara lain.

Berikut beberapa perbedaannya:

  1. Rasio guru dan siswa di Finlandia adalah 1 : 12, dibandingkan di New York yaitu 1 : 24. Bagaimana di Indonesia?
  2. Tidak ada kelas khusus/percepatan/akselerasi di Finlandia.
  3. Tes standardisasi, seperti UAS, dan UAN, di Finlandia hanya terjadi 1 kali, yakni ketika mereka berusia 15 tahun.
  4. Oleh Finlandia, guru atau pengajar diakui sebagai komponen yang sangat penting dalam pendidikan. Hal ini ditandai dengan:
  • Pendidikan seorang guru minimal S2 (Master Degree).
  • Seorang sarjana pendidikan yang telah menempuh S2  tidak semuanya bisa mengajar. Hanya 10% dan memiliki kompeten saja yang bisa mengajar.
  • Pendapatan pengajar di Finlandia setara dengan dokter ataupun pengacara.
  1. Biarkan Anak cukup bermain:
  • Anak Finlandia baru mulai bersekolah formal saat mereka berusia 7 tahun.
  • Waktu istirahat di Finlandia saat bersekolah adalah 75 menit. Coba bandingkan dengan di Amerika Serikat hanya 27 menit. Sangat jauh, bukan?
  • Anak Finlandia jarang sekali memiliki pekerjaan rumah

Di Finlandia, tempat penitipan anak dan taman kanak-kanak dianggap penting sebagai tempat awal untuk mengembangkan keterampilan kerja sama dan komunikasi untuk mempersiapkan pendidikan seumur hidup bagi sang anak. 

Selain itu, persiapan pembelajaran formal seperti membaca dan berhitung juga sangat penting -- yang mana di Finlandia baru dimulai pada usia tujuh tahun, agar tidak mengganggu masa kecil mereka.  

Pendidikan awal adalah tahap pertama pendidikan yang merupakan tahap paling penting dari siklus belajar seumur hidup. Penelitian neurologis telah menunjukkan bahwa 90% pertumbuhan otak terjadi selama lima tahun pertama kehidupan, dan 85% dari jalur saraf berkembang sebelum memulai sekolah.

Pendidikan pada usia ini merupakan usaha kerja sama antara orangtua dan sarana pendidikan untuk mempersiapkan anak-anak secara fisik (makan dengan benar, menjaga kebersihan) dan mental (komunikasi, kesadaran sosial, empati, dan refleksi diri) sebelum memulai belajar lebih formal pada usia tujuh tahun. 

Poin utamanya adalah bahwa sebelum usia tujuh tahun, metode belajar anak yang terbaik adalah melalui bermain, sehingga pada saat mereka akhirnya sampai ke sekolah formal yang sebenarnya, mereka tertarik untuk memulai belajar.

0 Komentar

Belum ada komentar