Sukses

Jangan Sekali-kali Mendongakkan Kepala Saat Mimisan

Kebanyakan orang menangani mimisan dengan mendongakkan kepala. Maksudnya, untuk mencegah darah turun terus-menerus. Padahal cara tersebut sama sekali tidak benar.

Mimisan merupakan suatu kondisi ketika darah keluar dari hidung. Mimisan dapat terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Mimisan pada anak biasanya yang membuat para orangtua lebih khawatir. Penyebabnya bisa didahului oleh trauma atau tanpa trauma tertentu.

Pada saat anak mimisan, umumnya orangtua tanpa sadar selalu mendongakkan kepala anaknya. Hal ini dilakukan untuk menghentikan perdarahan. Padahal dengan mendongakkan kepala justru semakin membuat keadaan lebih rumit.

Mendongakkan kepala saat mimisan akan menyebabkan darah yang keluar dari hidung akan masuk ke dalam saluran pencernaan, atau bahkan yang lebih berbahaya lagi adalah jika darah yang keluar akan masuk ke dalam rongga pernapasan. Untuk itu, sangat tidak disarankan untuk mendongakkan kepala anak Anda yang sedang mengalami mimisan untuk menghindari hal itu

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan perdarahan adalah bukan dengan mendongakkan kepala, tetapi dengan:

  1. Menekan bagian hidung yang mengeluarkan darah.
  2. Kompres hidung menggunakan air dingin.
  3. Jika penyebab mimisan bukan karena trauma, cari penyebab dari terjadinya mimisan. Jika penyebabnya kedinginan, segera hangatkan tubuh. Jika penyebabnya adalah suhu yang terlalu panas, segera cari tempat dengan suhu yang sesuai dengan suhu normal tubuh.

Apabila mimisan tidak kunjung berhenti dengan cara-cara di atas, sebaiknya Anda segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.  

0 Komentar

Belum ada komentar