Sukses

Ikuti Langkah Bersihkan Wajah yang Benar di Sini

Apabila Anda belum mengetahui cara membersihkan wajah yang baik dan benar, yuk simak kiat dari dr. Theresia Rina.

Membersihkan wajah bukan sekadar mencucinya dengan air mengalir. Ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan secara benar untuk mendapatkan kulit yang cantik dan menawan. Berikut adalah kiat-kiat membersihkan wajah yang tepat:

  1. Bersihkan riasan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan riasan yang menempel di wajah. Sisa riasan akan membuat pori-pori kulit sulit bernapas, sehingga nantinya akan membuat wajah menjadi jerawatan dan kusam serta menghambat penyerapan nutrisi kulit. Anda dapat menggunakan makeup remover atau cleansing milk/ cleansing gel yang banyak dijual di pasaran.

  1. Cuci wajah dua kali sehari

Membersihkan wajah dengan facial wash akan membantu mengangkat kotoran dari wajah. Namun, jika kulit Anda cenderung kering, maka disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci wajah karena akan membuat kulit tambah kering. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, Anda dapat menambah frekuensi mencuci wajah hingga 3-4 kali, karena produksi minyak berlebih dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. Mencuci wajah yang benar adalah dengan gerakan memutar ke seluruh bagian wajah,  kemudian bilas dengan air biasa atau air hangat. Karena air yang terlalu dingin tidak akan membantu mengangkat kotoran, begitupun air yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi kering.

  1. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih

Jangan menggunakan handuk badan untuk mengeringkan wajah Anda, karena bakteri yang ada di handuk badan dapat berpindah ke wajah dan menimbulkan peradangan pada pori-pori wajah. Jangan menggosok wajah Anda ketika mengeringkan dengan handuk, tetapi tepuk-tepuk wajah secara lembut sampai kering.

  1. Gunakan toner

Toner dapat sangat membantu bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, berjerawat atau berkomedo. Toner membantu mengurangi minyak. Selain itu toner juga berfungsi membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat saat pembersihan sebelumnya menggunakan cleansing milk, makeup remover maupun facial wash. Gunakan toner dengan menuangkannya ke kapas wajah, kemudian usap di daerah yang cenderung beminyak seperti dahi, hidung dan dagu (t-zone). Usapkan kapas secara sirkuler dan hindari daerah mata. Hindari juga penggunaan toner yang berbahan dasar alkohol, karena akan membuat kulit menjadi keirng.

  1. Scrub wajah

Mengangkat sel-sel kulit mati dengan menggunakan scrub sangat penting dilakukan. Hal ini akan membantu kulit untuk beregenerasi dengan lebih cepat dan membantu penyerapan nutrisi kulit. Namun, jangan terlalu sering melakukan scrub wajah, karena justru akan membuat kulit Anda menjadi kering. Gunakan scrub wajah 1-2 kali per minggu.

  1. Gunakan serum dan pelembap

Setelah wajah bersih dari kotoran dan minyak, maka saat inilah yang tepat untuk memberikan nutrisi bagi kulit Anda. Anda dapat memilih serum dan pelembap yang sesuai dengan fokus masalah kulit Anda, misalnya anti-aging, redness skin atau moisturizing.

  1. Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya sangat penting untuk kulit Anda, agar terhindar dari bahaya sinar UV yang dapat merusak kolagen kulit dan membuat kulit lebih cepat mengalami proses penuaan.

Semoga dengan kiat-kiat di atas, Anda dapat memiliki kulit wajah yang sehat dan lebih cantik. Selamat mencoba!

0 Komentar

Belum ada komentar