Sukses

Segudang Manfaat Susu Kedelai untuk Kulit Cantik dan Sehat

Selain bantu penuhi kebutuhan gizi sehari-hari, susu kedelai juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Apa saja? Yuk, cari tahu!

Anda pasti sudah tidak asing dengan susu kedelai. Selain rasanya yang lezat, susu yang berasal dari tumbuhan ini ternyata memiliki banyak gizi bermanfaat yang dapat mengoptimalkan kesehatan kulit Anda.

Faktanya, susu kedelai mengandung senyawa kimia yang disebut isoflavon. Ini adalah phytoestrogen  dari tumbuhan dan memiliki aktivitas estrogenik, yang dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. 

Berkat adanya senyawa tersebut, berikut ini adalah beberapa manfaat susu kedelai untuk kulit Anda:

1 dari 4 halaman

1. Melembapkan Kulit

Konsumsi susu kedelai secara rutin dan teratur bisa mempertahankan kondisi hidrasi kulit. Dengan demikian, kulit Anda akan terhindar dari dehidrasi.

Selain dikonsumsi, susu kedelai dapat pula digunakan sebagai masker wajah untuk melembapkan area yang kering. 

2. Mengurangi Keriput pada Kulit

Susu kedelai mengandung isoflavon, khususnya senyawa aglycones yang dapat mempercantik tampilan kulit. 

Senyawa tersebut diduga dapat mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan pada kulit, khususnya jika digunakan secara rutin dan teratur.

3. Mengencangkan Kulit

Susu kedelai dapat bantu mengencangkan kulit dan memperlambat proses penuaan. Manfaat tersebut karena senyawa aglycones dapat berfungsi meregenerasi sel-sel kulit. 

Konsumsi aglycones sebanyak 40 miligram dalam sehari dari kacang kedelai juga dituding mampu mengurangi keriput pada wanita usia 40 tahun atau lebih.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Susu untuk Kecantikan

2 dari 4 halaman

4. Mengurangi Jerawat

Konsumsi susu kedelai secara rutin dan teratur disinyalir mampu mengurangi peradangan akibat jerawat di wajah.

5. Mencerahkan Kulit

Susu kedelai mengandung vitamin C dan E, yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV). 

Selain itu, susu kedelai juga dapat bantu mencerahkan kulit. Bekas jerawat seperti hiperpigmentasi pun bisa dihilangkan dengan konsumsi susu kedelai, lho

Artikel Lainnya: Ini Dia Manfaat Ajaib Yoghurt untuk Kecantikan

6. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Eksfoliasi kulit sangatlah penting agar tidak tampak kusam dan kasar. Susu kedelai dapat digunakan sebagai scrub dengan mencampurkan gula pasir dan minyak zaitun ke dalamnya. 

Gunakan racikan tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3 dari 4 halaman

7. Kulit Tampak Glowing

Kedelai mengandung antioksidan, yang berperan dalam proses regenerasi kulit. Dengan mengonsumsinya secara rutin dan teratur, kulit akan tampak bercahaya alias glowing

Tertarik dengan manfaat susu kedelai untuk kesehatan kulit? Tetap batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. 

Jangan lupa juga kombinasikan dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat, serta penggunaan skin care yang sesuai agar manfaatnya lebih optimal.

Apabila punya pertanyaan seputar susu kedelai untuk kulit, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar