Sukses

Amankah Nanas untuk Ibu Hamil?

Nanas memiliki banyak kandungan yang menguntungkan bagi kesehatan. Meski demikian, sebagian orang percaya bahwa makan nanas bisa berisiko buruk terhadap janin.

Banyak pernyataan tentang kehamilan yang beredar di masyarakat. Karena kurangnya edukasi, masyarakat kerap menerimanya secara mentah-mentah. Padahal, informasi-informasi yang kita terima tidak selamanya benar.

Kehamilan adalah hal yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan suami-istri. Karena itu, sebagian besar orang akan dengan mudahnya memercayai mitos-mitos yang telanjur melekat pada masyarakat. Dengan harapan janin dalam kandungan akan tumbuh sempurna, sehat dan dapat dilahirkan dengan sehat pula.

Pernyataan yang sering didengar adalah nanas dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Dan karena informasi tersebut, banyak pasangan anak muda yang belum menikah dan telah berhubungan seksual hingga terjadinya kehamilan, menggunakan nanas untuk menggugurkan kehamilannya.

Namun, apakah benar nanas dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil?

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus. Nanas mengandung kalsium, besi, vitamin A serta C. Tapi, ada satu kandungan enzim pada nanas yang dianggap berbahaya bagi ibu hamil. Kandungan yang dimaksud adalah bromelain.

Bromelain dipercaya orang dapat meningkatkan kontraksi rahim yang akan berujung keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Ternyata hal ini tidak cukup bukti. Tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa bromelain dapat mengakibatkan keguguran pada ibu hamil. Tapi memang, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan perdarahan. Jadi, jika Anda tidak yakin akan nanas yang Anda konsumsi, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter spesialis kandungan Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar